Menurunkan berat badan dengan olahraga HIIT Cardio

AA Info Penanya: AA, Pria, 21 Tahun
dok sy kan mau diet banyak yg bilang olahraga pling efektif yaitu HIIT cardio karena memompa jantung kenceng, yg mau sy tanyakan saya kalo jogging saja sudah bikin jantung kenceng kyk mau copot krn saya gemuk mungkin, lalu apakah jogging sy ini trmasuk dalan HIIT cardio, kan jantung sy bkn dalam keadaan santai melainkan berdetak kencang sprt mau copot
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AA.

HIIT (High Intensity Interval Training) adalah kombinasi olahraga cardio ringan dengan sesekali intensitas tinggi. Misalnya 30 detik sprint, diikuti 2 menit berjalan atau jogging pelan, ulangi selama 10 menit. Namun tidak semua orang sama, jadi harus disesuaikan dengan kondisi fitness Anda. Dengan tujuan meningkatkan detak jantung diatas normal.

Untuk yang fit, bisa dilakukan seperti yang saya utarakan dengan cara berjalan atau jogging selama beberapa menit untuk pemanasan kemudian sprint selama 30 detik, kemudian berjalan kembali selama 4 menit. Diulang sebanyak 4-6 kali.

Untuk yang kegemukan dan sudah lama tidak berolahraga, tidak perlu sprint karena bisa menyakiti sendi juga. Ganti dengan melakukan jalan cepat / jogging selama 30 detik - 4 menit di jalan menanjak / treadmill yang ditinggikan. Setelah itu jalan biasa selama beberapa menit sampai detak jantung turun kembali. Bisa juga menggunakan stationary bike.

Tapi untuk mereka dengan riwayat penyakit jantung sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mulai program latihan. Saya lampirkan juga artikel mengenai Tips Olahraga Efektif untuk Mencapai Berat Badan Ideal.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak makan dan makan berlebihan bisa menimbulkan masalah pada fisik dan juga mental

Makan Berlebihan? Waspadai Dampak Buruknya

Jangan remehkan banyak makan, karena makan berlebihan bukan hanya berdampak pada penampilan semata, tetapi juga berefek pada kesehatan fisik dan mental, serta mengurangi tabungan Anda!