11 Dec 2020, 16:53Kandungan

Menunda menstruasi bagaimana caranya?

MR
Info Penanya: MR0
Halo dok, saya akan melakukan perjalanan jauh satu hari sebelum jadwal saya haid. Adakah cara untuk menunda jadwal haid saya beberapa hari?
1584 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi MR,Siklus haid wanita idealnya berlangsung setiap 21-35 hari dengan lama haid 3-7 hari. Namun banyak faktor yang bisa menyebabkan siklus haid ini menjadi terganggu menjadi lebih cepat atau malah mundur dan tidak haid.Perihal Anda yang ingin berpergian dan tidak ingin haid selama Anda berpergian maka Anda bisa menggunakan pil KB sama seperti bila ada jemaah yang pergi ke tanah suci dan tidak ingin haid. Namun tentunya penggunaan pil KB ini harus dikonsumsi jauh-jauh hari agar hormon di dalam pilnya bekerja dan tidak bisa diminum sehari sebelum jadwalnya haid. Karena pil KB sifatnya berbeda dengan paracetamol yang langsung menurunkan demam beberapa saat setelah obat diminum. Bila Anda ingin menunda menstruasi maka Anda perlu menjaga hormon progesteron di dalam tubuh dalam kondisi tinggi atau banyak dengan mengonsumsi pil KB yang mengandung hormon progesteron saja.

Yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi pil KB adalah:

  • Pastikan untuk meminum pil KB setiap hari dan sebisa mungkin di jam yang sama untuk memberikan hasil menunda haid yang baik.
  • Bila selama mengonsumsi pil KB muncul flek, maka Anda bisa menambahnya 1 tablet lagi di hari yang sama.
  • Banyak minum air putih.
  • Cukup tidur dan tidak bergadang.
Lakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk peresepan pil KBnya agar haid Anda bisa dipercepat atau diundur agar selama berpergian Anda tidak haid.Salam sehat,dr. Vina 
siklus haidpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil