02 Nov 2020, 20:44Kandungan

Menstruasi tapi tidak mengeluarkan darah

AM
Info Penanya: AM0
Selamat malam dok, boleh kah saya bertanya ? Sekarang saya lagi mentruasi, namun tidak ada darah seperti mens biasanya dok, mohon dijawab ya dok terimah kasih dol
286 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, AM.Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Darah biasanya berwarna kecokelatan pada hari-hari awal, kemudian menjadi merah dan menderas pada hari-hari selanjutnya. 

Menstruasi Tapi Tidak Keluar Darah

Terkait kondisi Anda, perlu ditelaah lebih jauh apa maksud Anda menstruasi tapi tidak mengeluarkan darah. Beberapa kondisi yang mungkin Anda maksudkan adalah:

1. Keluar darah tapi tidak seperti biasanya, melainkan hanya berupa flek atau bercak

Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh tidak seimbangnya sistem hormon tubuh. Ada sangat banyak hal yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon, seperti:
  • penggunaan alat kontrasepsi hormonal
  • kelelahan fisik akibat aktivitas berat
  • cemas atau depresi
  • memiliki penyakit rahim seperti kista ovarium atau PCOS
  • memiliki penyakit tertentu seperti gangguan tiroid
  • berat badan yang terlalu kurus atau gemuk
  • gaya hidup yang tidak sehat

2. Tidak keluar darah, tapi hanya keluar lendir

Kondisi tersebut biasanya dikenal sebagai keputihan. Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan normal dan abnormal. Dikatakan normal apabila berwarna putih bening, tidak berbau, tidak menggumpal, dan tidak menyebabkan gatal. Sebaliknya, dikatakan abnormal apabila berwarna cokelat, hijau, atau kuning, dan berbau serta menyebabkan gatal pada vagina. Mengenai penanganannya, perlu dipastikan dahulu apa maksud Anda sebenarnya, karena menstruasi adalah keluarnya darah dari vagina. Apabila tidak keluar darah, maka bukan menstruasi. Jadi, Anda disarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan, agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang agar dipastikan penyebabnya, dan diberikan penanganan yang tepat.Lalu, lakukan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, olahraga rutin dan kelola stres agar hormon seimbang. Jaga juga kebersihan vagina dengan membasuh setiap habis buang air, menjaganya agar tidak terlalu lembab, dan rutin mengganti pembalut saat haid ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil