23 Jan 2021, 03:14Kandungan

Apakah KB membuat menstruasi tidak lancar?

OH
Info Penanya: OH0
Assalamu'alaikum. Dokter saya mau tanya beberapa bulan kebelakang sampe sekarang siklus menstruasi saya tidak lancar bahkan bisa di bilang terus menerus. Hari senin menstruasi selasa tidak rabu menstruasi bahkan itu bisa berlangsung satu bulan dan itu datangnya bisa selang seling. Apakah efek kb? Atau apa. Saya sudah mencoba lepas tidak menggunakan kb tapi tetap tidak ada perubahan sekarang saya memakai kb3 bulan tetap saja menstruasi tidak lancar.
176 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, OHTerima kasih atas pertanyaannya.Menstruasi adalah peluruhan dinding rahim akibat dari sel telur yang tidak terbuahi setelah dilepaskan oleh ovarium.  Normalnya menstruasi terjadi setiap 21-35 hari sekali dengan kebanyakan wanita mengalami setiap 28 hari sekali.  Menstruasi sangat dipengaruhi oleh faktor hormonal.  Sehingga ketika menstruasi menjadi telat, menstruasi jarang dan sedikit, atau menstruasi banyak dan lama hal tersebut dapat disebabkan oleh hormon yang tidak stabil. 

Penyebab gangguan siklus menstruasi :

  • Stres, kecemasan, serta emosi yang tidak stabil.
  • Kelelahan dan sering begadang.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Obesitas atau terlalu kurus.
  • Gangguan pada rahim.
  • Gangguan pada hormon tiroid dan PCOS.
Penggunaan KB suntik salah satu cara untuk mencegah kehamilan dengan penggunaan yang sesuai.  Dalam suntik KB memiliki kandungan hormon yang dapat mencegah terjadinya pembuahan dan pelepasan sel telur.  Selain efek suntik KB juga memiliki beberapa efek samping yang salah satunya yaitu gangguan siklus menstruasi.Terkait yang anda tanyakan, penggunaan KB malah dapat membuat siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur karena pengaruh hormon yang terkandung pada KB.  Setelah lepas KB hormonal pun terkadang ada yang menimbulkan efek hingga 18 bulan lamanya.  Bila menstruasi lebih dari 20 hari dan berulang anda dapat periksa ke dokter kandungan guna penanganan lanjutan.Saat ini, jaga berat badan seimbang, perbanyak minum air putih, hindari makanan dan minuman tidak sehat, hindari stress dan begadang serta olahraga teratur untuk membantu melancarkan siklus menstruasi.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil