Mentruasi terlambat apa saja penyebabnya?

KS Info Penanya: KS, Wanita, 17 Tahun
Dok, adik saya berumur 18 tahun dan sudah 2 kali telat menstruasi selama 2 bulan atau 3 bulan, mengapa dapat seperti itu ya dok? Apakah berbahaya? Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi merupakan hal yang normal terjadi pada wanita setiap bulannya. Menstruasi merupakan proses dimana peluruhan sel telur yang tidak di buahi. Menstruasi normalnya terjadi antara selama 21-35 hari. Namun siklus tersebut tidak sama setiap wanita, teradang bisa maju atau mundur beberapa hari tergantung kondisi fisiknya.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan menstruasi datang terlambat :

  • Terjadinya kehamilan
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan tiroid
  • Penyakit organ reproduksi seperti miom, PCOS, dan kista
  • Kelebihan atau kekurangan berat badan
  • dan lain lain

Berkaitan dengan keluhan yang Anda berikan, jika adik Anda berusia 18 tahun, ada juga kemungkinan dia masih dalam usia pubertas, dan organ reproduksinya belum sepenuhnya matang, sehingga dapat menyebabkan menstruasinya belum teratur. Namun jika haid tidak teeaturnya berlangsung hingga usia lebih 18 tahun, sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk memastikannya.

Selalu jaga kebersihan organ intim Anda dengan makan makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat yang cukup minimal 6-8 jam / hari, jangan melakukan tindakan atau aktifitas fisik yang terlalu lelah.

Semoga bermanfaat,

Salam sehta,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan nyeri haid dapat dilakukan dengan olahraga

Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah

Untuk para wanita yang sedang merasakan nyeri haid, jangan putus asa. Sebab, ada cara menghilangkan nyeri haid dengan melakukan 5 gerakan olahraga ini di rumah.