18 Nov 2020, 23:51Kandungan

Haid tidak teratur, apakah wajar?

PW
Info Penanya: PW0
Selamat malam dok Nama saya : Patmawati Umur saya 28 Thun saya mo bertanya? Selma 2 Thun setelah melahirkan saya langsung KB yg 1 bulan dan skrng sudah hampir 3 bulan saya berhenti KB cuman dr 2 buln dr skrng ini haid saya tidak teratur 1 bulan ada 3x kluar haid.tpi memang dtangy 7hr sudah selesai..cumn saya kadang ada tkuty karna keseringan datang haidy ...apakah itu bisa dikatakan hal yang wajar ?
225 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, PTerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus haid wanita yang normal adalah 21 hari sampai dengan 35 hari. Siklus haid ini dihitungs ejak hari pertama haid pada bulan ini hingga hari pertama haid pada bulan berikutnya. SIklus haid wanita satu dengan yang lainnya berbeda-beda karena pengaruh beberapa faktor namuns ecara rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari.

Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi siklus haid wanita adalah:

  • Faktor emosi yang tidak stabil, stres, kecemasan berlebih
  • Faktor fisik seperti kelelahan, obesitas, perubahan berat badan yang mendadak
  • Pengaruh dari penggunaan alat kontrasepsi (KB)
  • Gangguan hormon pada tubuh
  • Sindrom polikistik ovarium (PCOS)
  • Masalah kesehatan pada organ reproduksi
Terkait dengan pertanyaan Anda, setelah behenti dari penggunaan suntik KB maka tubuh memerlukan waktu agar hormon-hormon reproduksi kembali stabil sehingga siklus haid kembali lancar. Walaupun salah satu penyebab dari siklus haid Anda yang tidak lancar bisa terjadi karena faktor-faktor yang disampaikan di atas dan atau karena efek dari suntik KB, namun kondisi yang Anda alami tidak wajar. Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penyebab pasti dari siklus haid Anda yang tidak teratur, sehingga Anda akan mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan penyebabnya. Pastikan anda menghindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, lakukanlah istirahat cukup, berolahraga dengan rutin dan jaga keberishan area kewaniatan agar tubuh tetap sehat dan siklus haid kembali lancar.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A 
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil