Haid 2 kali dalam sebulan, apakah normal?

IW Info Penanya: IW, Wanita, 21 Tahun
selamat malam dok, dok saya haid tanggal 23 sampai 28 agustus, terus tanggal 2 september haid lagi berlangsung 3 hari dan tanggal 16 haid lagi ,setiap haid sering kluar darah yang bentuknya gumpalan. Itu kira kira normal ga dok ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, I

Terima kasih atas pertaunyaan Anda

Untuk mengetahui siklus haid seorang wanita, dapat dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT) sampai dengan hari pertama haid pada periode haid berikutnya. Normalnya, wanita akan memiliki siklus haid 21 - 35 hari.

Lamanya proses haid normal pada wanita terjadi selama 3 - 7 hari dengan perdarahan mulai dari flek (bercak), cair kekentalan, atau bahkan gumpalan. Warna darah yang keluar saat haid pun beragam, merah gelap, merah kecoklatan, atau bahkan merah kehitaman. 

Kondisi yang menyebabkan seorang wanita mengalami haid 2 kali dalam 1 bulan di antaranya:

  • Polip rahim
  • Adenomiosis
  • Mioma
  • Efek samping dari penggunaan KB
  • Gangguan hormon dalam tubuh
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Stres dan atau kelelahan

Terkait dengan keluhan Anda, Jika tanggal 23 Agustus haid kemudian tanggal 2 september haid maka siklusnya 11 hari (tidak normal), kemudian tanggal 16 September haid kembali maka siklusnya 15 hari (tidak normal). Beberapa kondisi ini disebabkan bisa karena beberapa kondisi yang disebutkan di atas. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dapat mengetahui penyebab pastinya. 

Pastikan Anda tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi, konsumsi sayur dan buah, beristirahat cukup, kelola stres, dan beristirahat yang cukup.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dilakukan orangtua karena putri Anda biasanya akan mendapatkan menstruasi pertamanya paling lambat di usia 16 tahun

Adakah Cara Cepat Haid untuk Anak yang Bisa Dilakukan Orangtua?

Pada kondisi normal dan tidak bermasalah, tidak ada cara cepat haid untuk anak yang bisa dibantu oleh orangtua. Namun, jika sang anak belum mendapatkan haid pertamanya hingga usia 16 tahun, bantuan dari dokter akan diperlukan.