Apakah kista ovarium saya kambuh?

R Info Penanya: R
Tahun 2015 sy didiagnosis memiliki kista di saluran rahim kanan 5,5 cm dan kiri 3,5 cm karna umur msh 36 th MK di terapi hormon yg diminum hari ke 5 haid.1 th kemudian dinyatakan sdh tdk ada.Kira2 7 bln terakhir haid saya yg biasanya 6-7 hari berubah menjadi 3 hari di awal berwarna coklat kehitaman kmdn merah kemudian coklat.namun 2 bln terakhir menjadi hitam dan sedikit.Siklus haid 21-25 hari.Oh ya sebelum haid yg saya rasakan vagina saya seperti membengkak agak sakit jika d sentuh.dan perih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, R.

Ovarium adalah salah satu bagian dari alat reproduksi wanita, yang berfungsi menghasilkan sel telur. Seorang wanita memiliki sepasang ovarium, yang normalnya tidak berisi apa-apa. Ketika ada kista, maka berarti ada semacam kantong yang berisi cairan di sana dan hal ini tidak normal.

Kista ovarium dipicu oleh beberapa hal, di antaranya endometriosis, obesitas, dan pada seseorang yang mengalami menstruasi sebelum 11 tahun. Ketika mengalami kista ovarium, seseorang biasanya akan mengalami nyeri pada daerah perut bawah atau panggul dan rasa penuh pada perut. Siklus haid juga dapat berubah menjadi tidak teratur.

Penanganan kista ovarium bervariasi. Pada kista berukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala yang parah, biasanya dokter akan memantau kista apakah akan menghilang dengan sendirinya atau tidak. Pada beberapa kasus, dilakukan terapi hormon atau operasi pengangkatan kista.

Terkait kasus Anda, gejala haid yang tidak teratur belakangan ini memang salah satunya bisa disebabkan oleh kista ovarium yang berulang. Tetapi, hal ini juga bisa disebabkan karena faktor lainnya seperti luka pada vagina, stres, atau gangguan hormon karena penggunaan kontrasepsi. Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara Mengobati Kista Bartholin Bisa DIlakukan Secara Alami dan Medis.

Tidak Ingin Operasi? Ini Cara Alami Mengobati Kista Bartholin

Kista Bartholin adalah kista yang tumbuh di kelenjar Bartholin yang terletak di antara vagina dan vulva. Kista Bartholin terinfeksi bisa diobati secara medis dengan mengkonsumsi antibiotik dan prosedur medis seperti kateter,marsupialisasi dan mengangkat kelenjar Bartholin. Sedangkan Kista Bartholin yang tidak terinfeksi bisa diobati dengan cara merendam di air hangat, menggunakan bahan-bahan alami, seperti tea tree oil, cuka apel, lidah buaya hingga madu.