14 Dec 2020, 02:03Psikologi

Bagaimana mengatasi trauma masa lalu?

IA
Info Penanya: IA0
Saya ingin bertanya, sekaligus curhat dok. Saya orang yang penakut dan pendendam, Saat ini saya berumur 24 tahun. Dulu sewaktu saya masih kecil saya sering di pukul oleh kakak saya, sering di buli disekolah mulai SD sampai SMA dikarenakan saya pendiam dan tidak pandai berkelahi. Hidup saya saat ini betul-betul hancur, ketika saya mengingat masa-masa tu, Mental saya selalu down, dan tidak tenang , selalu muncul rasa menyesal, marah dan kecewa. Bagaimana cara mengatasi itu dok ?
444 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, IATerima kasih atas pertanyaannya.Memiiki kenangan yang kurang menyenangkan di masa lalu memang akan menjadi masalah tersendri pada beberapa orang sehingga menimbulkan trauma psikologis.  Umumnya kenangan yang menimbulkan trauma seperti kekerasan baik secara verbal ataupun fisik, kenangan melibatkan perasaan seperti putus cinta, ataupun kenangan melibatkan orang tua.

Beberapa reaksi yang timbul ketika mengalami trauma :

  • Ketakutan berlebihan.
  • Merasa putus asa.
  • Marah.
  • Perasaan bersalah.
  • Sedih.
  • Malu.
Hal tersebut wajar terjadi pada sesorang yang mengalami trauma dalam beberapa minggu hingga bulan.  Namun jika sudah sampai menganggu aktivitas maka perlu tindakan pencegahan.

Lakukan hal berikut untuk mengatasi trauma :

  • Berbicara dengan orang lain baik dari orangtua, kerabat serta teman yang dipercaya.
  • Keloa stress dan emosi dengan rileksasi seperti meditasi ataupun yoga.
  • Alihkan pikiran dengan melakukan hal lain seperti aktivitas seperti biasa, olahraga, serta aktivitas lain yang membuat energi menjadi lebih positif.
  • Hindari memikirkan kejadian yang sudah lama secara terus menerus karena sudah terlewati dan tidak ada manfaatnya untuk sekarang. Yang ada hanyalah membuat diri sendiri menjadi stress.
  • Belajar untuk menerima segala kejadian yang sudah lama terjadi, menjadikan sebagai pembelajaran, dan yang terpenting jalani hidup saat ini dengan motivasi diri untuk menjadi lebih baik.
Ketika anda merasa hal-hal tersebut tidak mengatasi keluhan yang anda rasakan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan psikiater atau dokter spesialis jiwa guna dilakukan penanganan lanjutan.  Dokter akan mengajak anda untuk berbicara dan akan memberikan solusi yang terbaik untuk permasalahan yang dihadapi. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
masalah kejiwaanstrestraumagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil