06 Sep 2021, 00:33Psikologi

Penyebab tidak bisa menunjukkan rasa takut, apakah gangguan kecemasan ?

YN
Info Penanya: YN0
Selamat malam dok,saya ingin bertanya kenapa ya setiap kali saya ketika di sekolah ada masalah lalu di marahi atau di nasehati secara langsung oleh guru saya tuh selalu ingin tersenyum/tertawa padahal dalam hati saya tuh kayak takut dan sering sekali ketika di marahi saya di tegur oleh guru karna ketika mereka memarahi saya respon saya seperti tersenyum/tertawa. Entah kenapa didalam fikiran saya tuh kayak ingin tersenyum untuk menghibur diri saya ketika di marahi pdhl di dlm hati saya ketakutan
114 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, Y.Rasa takut dapat dialami semua orang dengan berbagai penyebab seperti ancaman, penyakit, kecelakaan, hewan, trauma atau takut akan perlakuan orang lain. Namun tidak semua orang dapat menunjukkan rasa takut yang ia rasakan.

Apa yang menyebabkan tidak bisa menunjukkan rasa takut ?

Anda yang setiap kali ketika di sekolah ada masalah lalu dimarahi atau dinasehati secara langsung oleh guru, Anda selalu ingin tersenyum atau tertawa padahal dalam hati Anda merasa takut, ini berarti Anda tidak dapat menunjukkan rasa takut Anda.Penyebab Anda tidak bisa menunjukkan rasa takut salah satunya adalah gangguan kecemasan. Anda coba perlahan latih diri untuk mengatasi rasa cemas dan takut, berpikir positif saat Anda ditegur atau dinasehati guru, coba untuk melatih ekpresi Anda dengan tetap diam dan menunduk saat dimarahi, tahan rasa ingin tertawa Anda, karena guru mungkin akan berpikir Anda tidak serius mendengar nasihat beliau.Namun jika sudah berusaha, Anda masih merasa takut dan cemas berlebih serta sulit mengatur ekspresi Anda, Anda sebaiknya konsultasi ke psikolog atau psikiater.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
stresgangguan kecemasanfobia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil