26 Feb 2021, 18:12Psikologi

Apa yang dimaksud dengan kepribadian bipolar ?

DE
Info Penanya: DE0
Halo dok, saya perempuan usia 16 tahun. saya merasa depresi tanpa sebab. kadang saya merasa linglung, kadang saya sgt ahli bersosialisasi. Kdg saya juga merasa egois dan tidak pandai bersosialisasi. beberapa teman saya mengatakan bahwa saya tertutup, beberapa lainnya mengatakan bahwa saya blak blak an dan sangat terbuka, bahkan saya menyebarkan rahasia saya sendiri kpd orang baru. kadang saya takut bertemu org baru. saya tdk nyaman dengan sifat saya tersebut dok, boleh tolong penjelasannya?
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, D.Kepribadian setiap orang berbeda-beda. Namun perubahan kepribadian yang terlalu cepat dari awalnya pendiam, senang menyendiri, takut bersosialisasi kemudian berubah menjadi terlalu semangat, ingin berbaur, dan terus bercerita kepada orang lain dapat disebabkan oleh ganggguan kepribadian yaitu bipolar.

Apa yang dimaksud dengan kepribadian bipolar ?

Kepribadian bipolar yang dimiliki seseorang memberikan gejala perubahan emosi secara signifikan dalam waktu bersamaan yaitu dari episode mania dimana seseorang merasa sangat senang, sangat bersemangat, tidak ingin tidur, ingin terus bersosialisasi dan berbicara berubah menjadi episode depresi yang ditandai dengan rasa sedih tanpa sebab yang jelas, ingin menyakiti diri sendiri, badan terasa lemas, menangis, tidak bersemangat termasuk melakukan hobi.Selain itu hal ini dapat disebabkan oleh trauma kejadian buruk saat Anda kecil, perceraian kedua orang tua, sering disakiti dan dikhianati, tindakan kasar atau bullying dari lingkungan sekitar.

Cara mengatasi kepribadian bipolar

Cara mengatasi kepribadian bipolar yang dimiliki antara lain :
  • Berteman dengan orang yang mengajak Anda ke arah lebih baik.
  • Mengatasi semua rasa kecewa, sedih, trauma dan mengambil setiap hikmah yang ada.
  • Mengelola stress dengan melakukan kegiatan yang positif.
  • Hindari menyendiri dan curhat dengan teman atau keluarga yang dipercaya.
Jika rasa sedih, menangis tanpa sebab, perubahan emosi yang Anda alami tidak kunjung membaik terlebih ada keinginan untuk menyakiti diri sendiri serta Anda merasa sangat terbebani, segera ajak kedua orang tua untuk konsultasi di dokter spesialis kejiwaan atau psikolog.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bipolarpost traumatic stress disorder (PTSD)psikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil