Apakah saya memiliki gangguan kecemasan?

Y Info Penanya: Y, Wanita, 22 Tahun
Saya memilikibeberapa trauma. Saya beberapakalimenyakiti diri saya. Saya tidakdapat bercerita pada orang yang mengenali saya. Akantetapi saya dapat berceritapada orang yang tak terlalu mengenali saya. Saya cemas banyak berinteraksi dengan oranglain. Khawatir menyakiti perasaan, khawatir mereka justru memandang aneh saya atau bahkan membicarakansaya di belakang. Sayaselalu berjalan dengan kepala menunduk. Takutakan ekspresi yang orang berikan pada saya. Apakah saya memiliki gangguan mental?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Y.

Gangguan mental adalah kondisi yang memengaruhi pemikiran, emosi, dan perilaku seseorang yang mengalaminya. Ada begitu banyak jenis gangguan mental, di antaranya depresi, bipolar, gangguan panik, dan gangguan cemas.

Gangguan cemas disebabkan karena neurotransmitter, yaitu zat kimia yang menyampaikan pesan ke bagian otak. Ciri-ciri seseorang yang mengalami gangguan cemas adalah:

  • Sering merasa khawatir atau cemas tanpa sebab yang jelas
  • Merasa tegang dan sulit untuk rileks
  • Sulit berkonsentrasi
  • Memikirkan hal-hal kecil secara berlebihan
  • Sering terbangun di malam hari, terkadang disertai dengan jantung berdebar
  • Kulit berkeringat, merasa kedinginan atau kepanasan
  • Bisa disertai dengan mual dan muntah jika harus berhadapan dengan orang lain

Apabila Anda mengalami gangguan cemas, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater (dokter spesialis jiwa). Dokter akan menanyakan riwayat Anda, kemudian memberikan terapi yang tepat, baik berupa psikoterapi, konseling, ataupun obat-obatan jika diperlukan.

Selain itu, Anda dapat mencoba berbagi kepada orang yang membuat Anda nyaman. Berlatih mengontrol kecemasan dengan melakukan yoga dan meditasi juga membantu. Jangan lupa mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa melalui doa, agar kondisi psikis lebih tenang.

Semoga bermanfaat ya, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

 

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh Y
30 Mar 2020, 23:32
Terimakasih dok
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa takut mati yang berlebihan merupakan gangguan mental

Anda Takut Mati Berlebihan? Hati-hati Gangguan Mental, Tangani Segera!

Rasa takut mati yang berlebihan adalah gangguan mental yang dapat terjadi karena adanya teror atau disebabkan oleh fobia lain. Hal ini dapat diatasi dengan menghindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol, makan dan minum yang cukup, berkonsultasi, dan mendekatkan diri dengan Tuhan.