02 Dec 2020, 21:43Psikologi

Mental apa yang harus disiapkan sebelum menikah?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, minggu depan saya akan menikah dan takut banget nih tiba-tiba. Apakah masalah dalam rumah tangga serumit itu dok? Apa yang harus saya siapkan sebelum menikah dari segi mental?
909 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, FF.Pernikahan adalah sebuah tahapan hidup yang terjadi pada fase dewasa dalam kehidupan. Mungkin, persiapan pernikahan seperti yang saat ini sedang Anda jalani cukup rumit. Akan tetapi, perlu diingat bahwa pernikahan bukanlah akhir, melainkan awal dari kehidupan rumah tangga.Pandangan tentang pernikahan berbeda-beda pada tiap individu, dan tidak bisa disamakan satu sama lain. Sebagian orang menganggap pernikahan sebagai bahtera, karena masalah yang silih berganti tanpa henti. Tetapi, sebagian lagi menganggap pernikahan adalah sebuah hal yang membangun, yang melengkapi bagian kosong dalam kehidupannya.Agar Anda dapat menjadi salah satu orang yang memandang pernikahan sebagai hal positif, sebaiknya persiapkan diri baik-baik. Perlu diingat bahwa bukan hanya pesta pernikahannya yang dipersiapkan, tetapi juga bagaimana nantinya Anda akan menjalani kehidupan berumah tangga.Anda dapat mencoba berbicara dengan suami Anda terkait hal-hal krusial, namun sering memicu pertengkaran apabila tidak didiskusikan sejak awal. Beberapa contohnya adalah:
  • tempat tinggal setelah menikah
  • kapan ingin memiliki momongan
  • pekerjaan yang akan dilakukan sehari-hari
  • cara mengatur finansial
  • pandangan terhadap kehidupan seksual
Komunikasikan hal-hal tersebut secara terbuka dengan pasangan, karena Anda dan pasangan adalah dua pribadi yang berbeda.Dalam perjalanannya, mungkin saja ada masalah karena sifat atau kepribadian yang bertentangan satu sama lain. Tetapi, pastikan untuk tetap terbuka dan selalu berbicara apabila ada hal yang mengganjal, agar Anda dan pasangan dapat saling menyesuaikan diri satu sama lain. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
pemeriksaan pra nikahmempertahankan pernikahanpernikahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil