Mensturasi saat hamil apakah bisa?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 26 Tahun
Pagi dok .. saya unuy .. saya mau tanya dok .. sudah 1 bulan ini saya mengalami mensturasi tapi 1 bulan sebelum saya mensturasi saya pernah test kehamilan dan dan hasil y positif bahkan garis merah nya terlihat jelas sekali .. hal seperti itu apakah berbahaya dok .. mohon penjelasan nya dok ..makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang UU,

Wanita tidak bisa mengalami menstruasi tetapi hamil sekaligus. Apabila mengalami perdarahan terus menerus dan didapatkan testpack positif perlu dipastikan penyebabnya. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti :

  • Perdarahan implantasi
  • Perdarahan keguguran
  • Adanya masalah dalam kehamilan seperti gangguan letak, kehamilan ektopik
  • Masalah organ reproduksi lain seperti polip, tumor jinak, ataupun keganasan pada leher rahim atau pada rahim

Untuk itu perlu segera diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan beberapa pemeriksaan termasuk pemeriksaan USG.

Nantinya penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya, jika ada keguguran maka perlu dipastikan apakah jaringan sudah benar-benar bersih. Jika kehamilan masih dapat dipertahankan maka perlu dilakukan pemberian obat penguat janin.

Jika ternyata karena masalah kehamilan lain seperti kehamilan ektopik maka perlu dilakukan tindakan lebih lanjut termasuk jika diperlukan operasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berbagai kondisi dapat menyebabkan pusing saat hamil

Pusing Saat Hamil Mengganggu Aktivitas? Ini Cara Mengatasinya

Sebagian wanita merasakan pusing saat hamil. Hal ini sebenarnya umum terjadi dalam kehamilan. Terdapat berbagai penyebab pusing saat hamil, apa saja ya?