Apakah penyebab menstruasi tidak teratur pada usia 12 tahun?

N Info Penanya: N
Dok saya ini umur 12 tahun nah pertama kali saya haid lancar setelah itu saya tidak a da datang bulan lagi ini sudah hampir 5 bulan tidak haid saya nya itu apa penyebab nya dok apa kah saya ada penyakit atau apa? Tolong di jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N

Terima kasih Atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan tanda pubertas pada anak remaja wanita. Biasanya menstruasi pertamakali di mulai dari usia 10 - 15 tahun. Setiap orang mempunyai usia yang berbeda-beda namun rata-rata menstruasi pertama terjadi di usia 12 - 13 tahun. Siklus menstruasi ini sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, salahsatunya adalah adanya pengaruh hormon dan peran serta dari organ reproduksi wanita.

Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan siklus menstruasi terganggu adalah:

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, kemungkinan dikarenakan proses menstruasi pertama kali sehingga hormon-hormon dan organ reproduksi masih dalam tahap penyesuaian. Pastikan Anda tetap megonsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan dan stres, lakukan olahraga agar badan tetap sehat, cukupi kebutuhan cairan harian.

Bila dirasa keluhan masih ada, menstruasi masih tidak teratur segera diskusikan dengan kedua orang tua untuk memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan, agar dapat dilakukan pameriksaan dan penatalaksanaan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pubertas pada laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan dari perubahan fisik, biologis, psikososial, dan emosional

Berbeda, Apa Saja Ciri-ciri Pubertas pada Laki-laki dan Perempuan?

Pada perempuan, pubertas ditandai dengan perubahan fisik seperti payudara berkembang dan menstruasi. Sedangkan pada laki-laki, perubahan fisiknya adalah suara bertambah berat dan tumbuhnya rambut halus pada bagian wajah.