12 Mar 2021, 18:40Kandungan

Apakah berpotensi hamil hubungan saat pertama haid?

RS
Info Penanya: RS0
Halo dok... Apa bisa istri hamil waktu pertama haid
375 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RSTerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan akan terjadi ketika sel telur yang tepat dilepaskan oleh indung telur ke rahim bertemu dengan sel sperma yang menembus rahim.  Lalu pembuahan ini akan berlanjut dengan melekat pada dinding rahim untuk terjadi perkembangan janin. Haid adalah peluruhan dari jaringan dinding rahim yang menebal akibat sel telur yang dilepaskan tidak sempat terbuahi oleh sperma sehingga akan di keluarkan melalui liang vagina bersamaan dengan darah yang keluar.Bila yang anda maksud adalah berhubungan saat haid pertama bisa hamil atau tidak, maka jawabannya bisa walaupun potensi tidak terlalu tinggi.  Berhubungan saat haid sebenarnya boleh saja namun memiliki risiko tersendiri.

Risiko berhubungan intim saat haid :

  • Berpotensi terjadinya kehamilan bila wanita mengalami ovulasi yang dini.Sperma yang memasuki rahim dapat bertahan 5-7 hari di dalam rahim, ketika dalam jangka waktu ini terjadi pelepasan sel telur maka mungkin saja terjadi pembuahan dan berkembang menjadi janin.
  • Saat haid liang rahim akan terbuka dibanding saat tidak haid.Terbukanya dinding ini, apabila terjadi penetrasi mungkin saja dapat menyebarkan infeksi hingga ke rahim.  Infeksi bisa bakteri, jamur, infeksi menular seksual.
Untuk itu, tidak ada salahnya memastikan kehamilan dengan periksa ke dokter spesialis kandungan ketika mengalami keterlambatan haid siklus berikutnya. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hubungan sekskehamilanmenstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil