Seperti apa siklus haid yang normal?

VM Info Penanya: VM
Selamat malam doktor saya mau tanya jika halangan dlm 1 bln 2 x lalu darah nya menggumpal it wajar ga?3 hari yg lalu dari jam 12 mlm smpai 6 pg darah halangan keluar sebesar hati warna nya hitam perut juga sakit...apa penyebab smua itu doktor?apa tidak berbahaya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VM.

Siklus haid seseorang amat tergantung kepada kondisi hormon tubuhnya. Apabila hormon dalam kondisi seimbang, maka siklus akan normal. Sebaliknya, apabila ada satu atau lebih hormon tubuh yang mengalami gangguan, maka siklus haid bisa memanjang, memendek, bahkan terhenti.

Ciri-ciri siklus haid yang normal adalah:

  • Haid berlangsung selama 21-35 hari
  • Lama haid 3-7 hari
  • Darah haid diawali dengan bercak kecokelatan, diikuti dengan darah merah yang menderas (terkadang ada gumpalan masih wajar), dan diakhiri dengan bercak cokelat kembali
  • Tidak disertai nyeri perut hebat, yang menyebabkan gangguan aktivitas

Apabila ciri-ciri di atas diterapkan pada kondisi yang Anda sampaikan, maka ada kemungkinan Anda memiliki siklus di bawah 30 hari, sehingga dua kali haid dalam sebulan wajar adanya. Darah yang menggumpal sebesar hati ayam, apabila hanya keluar sekali saja, maka masih dapat dikatakan normal juga.

Untuk nyeri perutnya, apabila masih dalam skala ringan, masih dapat dikatakan wajar. Tapi, apabila skala berat sampai tidak bisa berdiri atau pingsan, maka hal tersebut tidak normal dan bisa disebabkan karena kondisi penyakit tertentu seperti endometriosis (penebalan dinding rahim).

Apabila Anda ingin memastikan kondisi Anda, ada baiknya berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kandungan, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan tanda hamil dan keputihan haid bisa dibedakan berdasarkan volume, waktu kemunculan, tekstur, dan warnanya. Keputihan yang merupakan tanda hamil juga biasanya akan disertai gejala lain seperti mual dan kram perut.