05 Jun 2020, 21:28Kandungan

Menstruasi yang berlebihan sampai 10 hari

NW
Info Penanya: NW0
Saya wanita 28tahun. Saya melahirkan bulan September 2019.Mens pertama stlh nifas emang jaraknya lama. Nah saat mens, darah yg keluar bisa dikatakan sedang bahkan hanya flek2 aja dan itu berlangsung lama, bisa sampai 10harian. Nah skrng, bulan ini, sudah 3 hari darah mens saya itu banyak sekali, seperti darah nifas.. Sampai tembus2 ke baju, saking banyaknya. Saya merasakan saat darahnya keluar, dia akan keluar terus, sampai bentuk jeli2nya keluar dg jumlah banyak. Itu saya knp ya dok? Trims
19083 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NW,Menstruasi yang lebih dari normal baik dari lamanya menstruasi ataupun jumlah darah yang keluar adalah masalah yang memerlukan perhatian ekstra. Kondisi ini disebut dengan menorrhagia.

Penyebab menorrhagia

Menorrhagia adalah perdarahan menstruasi berlebih yang membuat penderitanya perlu mengganti pembalut lebih sering ataupun durasi perdarahan menstruasi lebih dari 7 hari. Beberapa hal yang bisa jadi pemicunya diantaranya adalah:
  • Ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron 
  • Tidak terjadinya ovulasi
  • Adanya jaringan tumor jinak di rahim
  • Adanya polip
  • Efek penggunaan KB
  • Endometriosis dan adenomiosis
  • Efek obat tertentu
  • Gangguan kesehatan lain seperti kanker atau keganasan ataupun gangguan ginjal dan liver
Apabila sering kali timbul gangguan siklus dan jumlah menstruasi yang banyak bisa juga terjadi yang dinamakan menometroragia. Hal ini bisa memicu terjadinya anemia yang bisa menimbulkan gejala lemas, pusing, sampai pingsan. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan tes darah, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan oleh dokter agar diketahui apa yang jadi penyebabnya. Nantinya pengobatan dapat diberikan untuk menghentikan perdarahan dan juga mengatasi apa yang jadi pemicunya. Baik dengan pemberian obat ataupun tindakan medis jika diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasigangguan menstruasiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil