26 Nov 2020, 11:26Kandungan

Hubungan masturbasi dan menstruasi tidak lancar

NP
Info Penanya: NP, Wanita, 1 Tahun
Hai dok, saya berusia 14th. Dulu sy sring melakukan mastrubasi yg berlebihan krna blm paham resikonya. Tp stlh sy mengetahui resikonya sy mulai mengurangi kegiatan tsb, tp sesekali sy masih melakukannya, apa mastrubasi bikin mens ga lancar dok? Soalny saya sring telat mens 1 bln. Trimksh Dok.
1357 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, NP.Masturbasi adalah tindakan merangsang diri sendiri dengan atau tanpa alat bantu, untuk mencapai kepuasan seksual. Pada wanita, masturbasi biasanya dilakukan dengan meraba bagian sensitif, seperti payudara atau klitoris. Ada pula wanita yang memasukkan jari atau alat bantu tertentu ke liang vaginanya.Tindakan masturbasi (apabila dilakukan sendirian) tidak menyebabkan kehamilan dan tidak memengaruhi siklus menstruasi. Apabila Anda mengalami terlambat menstruasi selama satu bulan, berarti siklus menstruasi Anda tidak teratur dan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tubuh.

Penyebab Terlambat Menstruasi

Berikut beberapa hal yang dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh sehingga terlambat menstruasi:
  • stres atau kecemasan berlebih
  • malas bergerak (tidak pernah olahraga)
  • sering mengonsumsi junk food atau minuman dengan pemanis buatan
  • sering tidur larut malam
  • penyakit rahim seperti PCOS atau kista
  • gangguan tiroid
  • kelebihan atau kekurangan berat badan ekstrim
Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk memastikan penyebab dari keterlambatan haid yang Anda alami. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti USG. Kemudian, dokter akan mengevaluasi hasilnya dan memberikan terapi yang sesuai.

Tips Berhenti Masturbasi

Lalu, perlu diperhatikan berapa kali frekuensi Anda melakukan masturbasi. Sebaiknya hindari melakukannya terlalu sering, karena dapat menyebabkan kecanduan dan berbagai risiko lainnya. Untuk mengurangi keinginan masturbasi, Anda dapat mengalihkan pikiran Anda dan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti membaca buku, berolahraga, bermain musik, dan lain-lain. Usahakan juga Anda tidak berada sendirian, dan berkumpullah bersama anggota keluarga yang tinggal satu rumah (pada saat pandemi seperti ini). Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
menstruasigangguan menstruasimasturbasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil