21 Aug 2020, 21:53Kandungan

Kenapa keluar darah setelah berhubungan seksual?

IS
Info Penanya: IS, Wanita, 21 Tahun
Dok, aku kan suntik kb 3bulan sudagmh 1th ini tp kenapa yaa akhir2 ini aku sering keluar darah setelah berhubungan badan ? Itupun hanya sedikit dan tj
2439 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang IS,Salah satu efek samping KB suntik adalah siklus haid yang tidak teratur, baik menjadi sedikit atau justru semakin banyak dan sering. Dan efek samping ini bisa berbeda-beda setiap individunya.

Perihal Anda yang mengalami perdarahan setelah berhubungan seksual bisa disebabkan oleh:

  • Iritasi serviks. Seringkali disertai dengan keputihan dan nyeri ketika berhubungan seksual, karena sering berkaitan dengan infeksi menular seksual.
  • Perdarahan uterus disfungsional.
  • Mioma uteri.
  • Polip rahim.
  • Polip serviks.
  • Kanker serviks. Seringkali muncul keluhan nyeri ketika atau setelah selesai berhubungan seksual. Penyakit ini bisa dideteksi melalui pemeriksaan pap smear.
  • Efek samping KB suntik.

Sementara yang dapat Anda lakukan agar siklus haid Anda kembali lancar adalah:

  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Usahakan berat badan seideal mungkin.
  • Banyak makan serat baik dari sayur maupun buah-buahan.
  • Minum air putih minimal 2 liter/ hari.
  • Hindari stres.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
Bila Anda mengalami perdarahan berulang kali, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan untuk memastikan apa penyebabnya, agar bisa ditangani dengan tepat.Salam sehat,dr. Vina
mioma uteripolip rahimperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil