Apakah yang dimaksud dengan PCOS?

AI Info Penanya: AI, Wanita, 19 Tahun
Dok, apabila menstruasi tidak teratur sudah lebih dr setahun setengan apa ya penyebabnya? Padahal ketika di usg di spesialis kandungan normal dan tidak diberi obat apapunApakah ada kemungkinan pcos, dan bagaimana cara mengetahui seseorang mengalami pcos atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaaan Anda.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) merupakan kondisi dimana terdapat ketidak seimbangan hormon wanita. Kondisi ini terjadi pada saat wanita sedang dalam usia reproduktif. Secara normal, adanya pembesaran kantung (folikel) dalam indung telur (ovarium) mengeluarkan sel telur. Namun, pada PCOS adanya pembesaran folikel tersebut tidak mengeluarkan sel telur (tidak ada proses ovulasi).

Adapun tanda dan gejala dari PCOS adalah:

  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Adanya gangguan kesuburan
  • Adanya rambut yang berlebihan pada wajah, dada, dan perut
  • Rambut mudah rontok
  • Jerawat sulit sembuh walaupun sudah diobati
  • Obesitas
  • Kulit yang cenderung berminyak
  • Nyeri panggul

Untuk dapat mendiagnosa PCOS perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter yang meliputi pemeriksaan panggul, melakukan tes darah (untuk mengetahui kadar hormon dalam tubuh, tes toleransi glukosa, kadar kolesterol dan level trigliserida), pemeriksaan USG.

Normalnya, siklus menstruasi wanita adalah 21-35 hari yang dihitung dari hari pertama  menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Penyebab terlambatnya siklus menstruasi selain karena PCOS bisa disebabkan oleh stres, kelelahan, masalah berat badan (berat badan berlebih ataupun berat badan kurang), masalah hormonal, masalah pada organ reproduksi wanita, efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi homonal seperti pil KB/suntik KB, atau karena kondisi medis yang lainnya.

Sebaiknya, periksalah ke dokter speslalis kandungan terdekat untuk dapat mengetahui penyebab pastinya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pineal gland ada di dalam pusat otak

Apa itu Pineal Gland dan Fungsinya bagi Tubuh?

Pineal gland alias kelenjar pineal terletak di bagian pusat otak. Fungsi kelenjar ini meliputi menyokong sel saraf, mengatur jam tidur, hingga mengendalikan siklus haid.