25 May 2020, 18:12Kandungan

Kenapa haid tidak teratur setelah lepas suntik KB?

LY
Info Penanya: LY, Wanita, 18 Tahun
Dok, saya kan suntuk yg 3 bulan selama setahun lebih, nah pas saya berhenti. Kok aneh ya, saya 1 bulan bisa 3x menstruasi. Kok bisa ya dok. Mohon respon nya.
11946 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, LY.Suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang digunakan oleh cukup banyak wanita. Alasannya, suntik tergolong praktis, karena tidak seperti pil yang harus diminum setiap hari. Nah, saat ini, ada dua jenis suntik yang dikenal masyarakat, yaitu 1 bulan dan 3 bulan.Suntik 3 bulan mengandung hormon progesteron sintetik, yang mencegah kehamilan dengan cara mengentalkan lendir rahim sehingga sperma tidak mampu bertahan hidup. Selain itu, zat aktif yang terkandung juga mencegah proses pematangan atau pelepasan sel telur, sehingga tidak dapat dibuahi. Nah, karena kandungan hormon tersebut, maka produksi hormon alami pada tubuh akan berubah. Sehingga, wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik 3 bulan terkadang mengalami efek samping seperti berubahnya siklus haid, timbulnya jerawat, kenaikan berat badan, atau emosi yang tidak stabil. Ketika suntik dihentikan, tubuh butuh waktu untuk mengembalikan produksi hormon secara normal. Oleh karena itu, terkadang efek samping masih dirasakan. Misalnya, seperti yang Anda alami saat ini, siklus haid belum teratur. Tetapi, jika haid berlangsung terus menerus lebih dari 14 hari dengan darah yang deras, atau Anda mengalami pusing dan lemas, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil