Menstruasi tidak teratur, apakah penyebabnya?

DC Info Penanya: DC
Dok umur saya 16th, menstruasi saya tidak teratur dok biasanya 2 bulan menstruasi lancar 2 bulan kedepannya tidak sama sekali dan dua bulan berikutnya seperti itu berulang,apakah itu normal dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, DC

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari organ reproduksi wanita. Menstruasi terjadi hampir pada seluruh wanita mulai dari usia remaja sampai dengan dewasa dan akan berhenti saat menopause. Siklus menstruasi normal biasanya pada 21 -35 hari. Cara yang dilakukan untuk menghitungya dimulai dari haripertama menstruasi sampai dengan menstruasi pada bulan berikutnya. Rata-rata orang mempunyai siklus 28 hari. 

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

  • Kelebihan atau kekurangan berat badan
  • Aktivitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan
  • Stres
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • PCOS
  • Perubahan berat badan yang mendadak

Terkait dengan keluhan Anda, dapat disebabkan oleh beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Usahakan Anda tetap makan makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan, hindari kelelahan dan stres, istirahat yang cukup, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, serta lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membuat kalender masa subur sendiri tidaklah sulit

Bikin Kalender Masa Subur Ternyata Mudah, Ini Caranya

Tidak sulit membuat kalender masa subur sendiri. Dengan menetukan masa subur, peluang Anda untuk hamil akan semakin besar.