Apa yang menyebabakan mestruasi tidak teratur?

UD Info Penanya: UD, Wanita, 23 Tahun
Selamat sore dok, saya mau konsultasi, kenapa ya mens saya tidak teratur? Bahkan pernah smpai 1 thn 2 bulan tidak mens, ketika priksa ke dokter kandungan, tidak ada yg bermasalah sama rahim saya, jadi setiap saya ke dokter kandungan dan tiap di usg hasilnya normal, hanya diberi obat agar bisa mens, yang saya tanyakan, apakah ada obat yg bisa dibeli bebas di apotek agar saya bisa mens? Mengingat biaya ke dokter kandungan yang lumayan dan keterbatasan biaya yg saya miliki, terimakasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, UD

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi adalah keadaan yang wajar dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi normal 21-35 hari, cara menghitung siklus dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. 

Penyebab siklus menstruasi tidak teratur adalah:

  • Adanya masalah hormonal
  • PCOS
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal (KB)
  • Stres
  • Kelelahan fisik
  • Status gizi (terlalu gemuk / kurus)
  • Perubahan berat badan secara mendadak

Terkait dengan pertanyaan Anda, Jika sudah pernah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan tidak ditemukan adanya kelainan, maka kemungkinan disebabkan oleh faktor lainnya.

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menghindari stres, hindari aktifitas fisik yang berlebihan agar tidak kelelahan, istirahat cukup dengan mengatur jam tidur yang baik, cukupi kebutuhan cairan harian serta lakukan olahraga rutin agar badan tetap bugar.

Untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter spesialis kandungan terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.