09 Nov 2020, 16:23Kandungan

Menstruasi tidak teratur di usia 45tahun

WN
Info Penanya: WN0
Dok, sy ibu rt usia 45tahun, 4tahun lalu sy melahirkan anak terakhir scr SC dan sudah disteril. Sehabis melahirkan siklus haid sy normal 28hr - slesai 3-4hr. Sy menyusui anak sy itu selama 4tahun, dan baru 3bln lalu berhenti menyusui, stelah itu kenapa haid sy jd tdk teratur 1bln sesdh berhenti menyusui msh haid stelah itu bln berikut haidnya sampai 2mggu, lalu bln berikutnya haid cm sehari dan bulan ini blm haid lg....itu kenapa ya dok?. Trimakasih
1617 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam WN, Gangguan siklus menstruasi pada usia 45 tahun adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab, salah satunya adalah kondisi menuju menopause atau disebutnya perimenopause.Pada periode ini dapat terjadi sejumlah perubahan pada tubuh dan juga gejala seperti:
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Bisa terlambat haid sampai beberapa bulan
  • Perdarahan haid yang berkepanjangan
  • Sering tiba-tiba kepanasan tanpa keluar keringat atau bisa tiba-tiba berkeringat banyak
  • Vagina menjadi lebih kering
  • Mengalamai infeksi saluran kemih lebih sering
  • Penurunan gairah seksual
  • Kepadatan tulang yang berkurang
Untuk membantu mengatasi gejala perimenopause yang bisa terjadi, perlu dilakukan sejumlah penyesuaian. Penyesuaian sendiri bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari, menyesuaikan asupan makanan untuk menghadapi masa perimenopause, dan juga menghindari kebiasaan yang kurang baik seperti merokok misalnya.Beberapa makanan yang baik dikonsumsi diantaranya adalah asupan yang tinggi protein, makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan, perbanyak asupan serat baik dari buah dan sayuran, konsumsi suplemen kalsium atau dengan mengonsumsi produk susu, perbanyak minum air putih. Jika keluhan tetap mengganggu sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis kandungan dan kebidanan dimana nantinya juga bisa dilakukan penanganan dengan terapi hormonal. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenopausediet perimenopauseterapi hormonal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil