menstruasi tidak teratur dengan perdarahan banyak 2 kali sebulan dan berlangsung 7-8 hari

RD Info Penanya: RD, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya?Kenapa menstruasi saya tidak teratur Dan banyak. Dalam satu bulan 2kali menstruasi, dan berlangsung 7-8hari Dan ada gumpalan darah. Gejala sakit dibagian bawah perut, punggung bagian bawah, pushing, mual,Dan lemas. Itu terjadi bulan lalu Dan bulan sekarang.. Mohon jawabannya ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RDH

kondisi mentruasi banyak bergumpal 2 kali dalam satu bulan dan berlangsung >7 hari disebut abnormal uterine bleeding (AUB) atau perdarahan abnormal rahim. Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa hal seperti infeksi kelamin, penggunaan kontrasepsi IUD, adanya polip/ mioma uteri, adenomiosis, endometriosis, kelainan darah, kelainan ovulasi akibat polikistik. 

kondisi nyeri dan lemas disertai pusing mual muntah dapat terjadi karena anda banyak kehilangan darah selama terjadinya AUB. Anda perlu menjalani evaluasi pemeriksaan darah USG kandungan untuk memastikan masalah utama pada rahim. Saya sarankan anda untuk mengkonsumsi table tambah darah (mengandung zat besi/FE) dan berkonsultasi segera dengan dokter Sp.OG

Salam sehat

dr.Zulham 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.