menstruasi tidak teratur dengan perdarahan banyak 2 kali sebulan dan berlangsung 7-8 hari

RD Info Penanya: RD, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya?Kenapa menstruasi saya tidak teratur Dan banyak. Dalam satu bulan 2kali menstruasi, dan berlangsung 7-8hari Dan ada gumpalan darah. Gejala sakit dibagian bawah perut, punggung bagian bawah, pushing, mual,Dan lemas. Itu terjadi bulan lalu Dan bulan sekarang.. Mohon jawabannya ya dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RDH

kondisi mentruasi banyak bergumpal 2 kali dalam satu bulan dan berlangsung >7 hari disebut abnormal uterine bleeding (AUB) atau perdarahan abnormal rahim. Kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa hal seperti infeksi kelamin, penggunaan kontrasepsi IUD, adanya polip/ mioma uteri, adenomiosis, endometriosis, kelainan darah, kelainan ovulasi akibat polikistik. 

kondisi nyeri dan lemas disertai pusing mual muntah dapat terjadi karena anda banyak kehilangan darah selama terjadinya AUB. Anda perlu menjalani evaluasi pemeriksaan darah USG kandungan untuk memastikan masalah utama pada rahim. Saya sarankan anda untuk mengkonsumsi table tambah darah (mengandung zat besi/FE) dan berkonsultasi segera dengan dokter Sp.OG

Salam sehat

dr.Zulham 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala endometriosis adalah dismenore alias rasa nyeri ketika menstruasi

Nyeri Haid Luar Biasa, Bisa Jadi Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis biasanya terlihat ketika seseorang merasakan nyeri haid luar biasa. Segera periksakan diri ke dokter karena endometriosis dapat mengganggu kesuburan.