05 Mar 2021, 18:48Kandungan

Bagaimana siklus haid yang normal ?

SW
Info Penanya: SW0
Dok saya berumur 22 tahun, selama ini saya menstruasi selalu normar tapi akhir -akhir ini tidak normal ini catatan menstruasi pada tahun 2021 M 20 - 27 januari 2021 M 17 - 24 februari 2021 M 5 - maret 2021 Yg mau saya tanyakanapa itu siklus normal atau perlu saya periksa lebih lanjut
197 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, S.Gangguan menstruasi yang tidak lancar dapat terjadi pada wanita yang sudah menikah maupun wanita remaja, dewasa, berhubungan seksual secara aktif, menggunakan alat kontrasepsi atau tidak. Gangguan menstruasi dapat membuat wanita cemas dan takut sehingga ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut di dokter kandungan.

Bagaimana siklus haid yang normal ?

Siklus haid yang normal terjadi pada wanita sekitar 21 - 35 hari. Rata-rata wanita dewasa mengalami siklus hais setiap 28 hari (4 minggu). Siklus haid wanita bisa memanjang atau memendek karena banyak faktor antara lain :
  • Ketidakseimbangan hormon progesteron dan esterogen akibat stress, kelelahan berkerja, berat badan tidak ideal.
  • Menggunakan alat kontrasepsi.
  • Polycystic ovarie syndrome (PCOS).
  • Kekurangan atau kelebihan hormon tiroid.
Siklus haid yang Anda alami 20 Januari ke 17 Februari selama 28 hari merupakan siklus haid normal, 17 Februari ke 5 Maret 16 hari merupakan siklus haid memendek. Durasi haid yang Anda alami merupakan durasi haid normal yaitu 3 hingga 7 hari. Untuk memperbaiki siklus haid, lakukan pola hidup sehat, menjaga berat badan, olahraga secara teratur dan jangan stress. Kontrol ke dokter spesialis kandungan jika haid dalam jumlah yang banyak, nyeri perut hebat, siklus selalu tidak teratur.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
siklus haidgangguan menstruasipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil