Menstruasi tidak lancar bagaimana cara mengatasinya?

NU Info Penanya: NU
Saya mau tanya dok, sudah 2 bulan menstruasi saya tidak lancar. Bahkan dibulan pertama saya tidak menstruasi, dibulan ke 3 cuma sehari saya menstruasi nya dan hanya beberapa hari kecoklatan seperti keputihan. Umur saya 25 th dok dan saya blm menikah. Kira2 kenapa yah dok dan ada obatnya ga supaya menstruasi saya lancar? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NU,

Siklus haid seorang wanita pada umumnya 28 hari dengan durasi haid sekitar 3-5 hari. Namun masih tergolong normal bila siklus haid berlangsung antara 21-45 hari dengan durasi haid 2-7 hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siklus haid seseorang menjadi tidak teratur, antara lain :

  1. Kurangnya konsumsi sayur dan buah.
  2. Perubahan berat badan yang ekstrim, seperti diet ekstrim.
  3. Stres.
  4. PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), merupakan penyakit dimana didapatkan hormon androgen yang berlebihan pada tubuh wanita.
  5. Endometriosis.
  6. Berat badan yang tidak ideal, baik terlalu kurus maupun terlalu gemuk.
  7. Kurang olahraga.
  8. Kelelahan.

Hal sederhana yang dapat dilakukan agar siklus haid lebih teratur adalah dengan cara menjalankan pola sehat seperti :

  1. Jaga berat badan seideal mungkin.
  2. Rutin berolahraga namun jangan sampai kelelahan. Olahraga 30 menit, 5 kali dalam 1 minggu sudah cukup.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  4. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  5. Hindari stres dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti piknik.
  6. Cukup istirahat.

Bila haid tidak teratur disertai keluhan nyeri perut maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat memperburuk kram perut atau nyeri haid

Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Agar kram perut atau nyeri haid tidak semakin parah, hindari makanan dan minuman yang mengandung garam, gula, kopi, alkohol, makanan pedas, dan daging merah. Jika keinginan untuk makanan makanan yang manis kerap muncul, Anda bisa menggantinya dengan yang sehat seperti mengonsumsi buah-buahan smoothies buah dicampur yogurt.