Mengapa menggunakan KB Suntik menstruasi menjadi tidak teratur?

VI Info Penanya: VI, Wanita, 22 Tahun
Hai dok, saya selama suntik kb tidak haid , trus saya mencoba untuk berhenti suntik kb trus di ganti sama pil, lalu selama saya berhenti suntik tidak langsung haid , trus udah masuk 2 bln berhenti kb , saya baru haid , trus saya cuma 2 bulan haid nya bln ini saya belum haid , apa kemungkinan saya hamil? Padahal kan saya minum pil dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang VG,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB Suntik terbagi menjadi 2 yaitu KB Suntik 3 bulan yang merupakan KB dengan menyuntikkan hormon progesteron dan KB Suntik 1 bulan yang mengandung progesteron dan esterogen. Metode KB suntik memiliki efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan, yakni hingga lebih dari 98%.

Cara Kerja KB Suntik mencegah kehamilan dengan cara :

  • Menghentikan ovulasi setiap bulannya
  • Mengentalkan lendir di leher rahim, sehingga sperma terhalang dan sulit masuk ke rahim untuk membuahi sel telur
  • Membuat lapisan rahim menjadi lebih tipis, sehingga bila ada sel telur yang berhasil dibuahi, sel tersebut tidak akan berkembang karena kondisi rahim yang tipis

Pil KB merupakan metode kontrasepsi bentuk tablet yang mengandung hormon estrogen dan progesteron, atau hanya progesteron saja. Pil KB yang mengandung progesteron ini juga dapat mengakibatkan seorang wanita tidak mendapatkan menstruasi.

Sudah di katakan di atas bahwa penggunaan KB suntik maupun KB pil mengandung hormonal, salah satu efek samping KB yang mempunyai hormonal adalah perubahan menstruasi, jadi Anda jangan khawatir jika ada perubahan dalam menstruasi Anda. Namun jika tidak kunjung haid sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.