25 Mar 2021, 20:56Kulit & Kelamin

Apakah darah yang keluar karena haid atau proses implantasi ?

BS
Info Penanya: BS0
Selamat malam Dok mau tanya terakhir saya berhubungan tanggal 6 maret dan saya sudah telat haid 9 hari dan di tgl 23 maret saya mengeluarkan darah hari pertama agak kecoklatan dan lama lama menjadi merah gelap smpai dua hari masih merah gelap dan ketiga harinya menjadi wrna merah muda dan kecoklatan saya mau tanya dok itu darah implantasi atau darah haid dok?
154 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, S.Saat wanita telat haid membuat rasa cemas jika sebelumnya melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman sama sekali dan alat kontrasepsi. Rasa cemas berlebih akan kehamilan yang tidak diinginkan ini bukan hanya dirasakan pasangan suami istri melainkan banyak pasangan muda berpacaran yang sudah melakukan hubungan intim.

Apakah darah yang keluar karena haid atau proses implantasi ?

Perdarahan yang Anda alami dimana Anda sebelumnya telat haid selama 9 hari dengan darah awal berwarna coklat, lama kelamaan menjadi merah gelap dan coklat kembali bisa disebabkan oleh beberapa faktor hal antara lain :
  • Proses menstruasi yang berlangsung, dimana jumlah darah lebih banyak dan berwarna lebih gelap. Rasa keram perut dari awal menjelang menstruasi hingga hari pertama dan kedua.
  • Darah implantasi dimana perdarahan berlangsung 1 hingga 2 minggu setelah berhubungan seksual. Warna darah implantasi lebih merah dan menjadi coklat saat proses perdarahan selesai. Jumlah darah juga sedikit, hanya berupa flek. Kram perut yang dirasakan singkat dan lebih cepat. Perdarahan hilang timbul dimana muncul bercak di pagi hari, hilang di siang hari, dan muncul kembali 2 hari setelahnya.
  • Gangguan siklus haid akibat KB hormon.
  • Perdarahan karena IUD.

Bagaimana cara mengatasi perdarahan vagina ?

Cara mengatasi perdarahan vagina baik karena menstruasi atau implantasi yaitu :
  • Hindari kerja berat, segera istirahat.
  • Hindari berhubungan.
  • Jaga kebersihan vagina, ganti pembalut lebih sering.
  • Makan bergizi.
Segera periksa urin dan USG di dokter kandungan terutama perdarahan semakin banyak disertai perut nyeri hebat.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
siklus haidtes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil