Menstruasi terlambat dari bulan juli

DP Info Penanya: DP, Wanita, 24 Tahun
Dok saya umur 24tahun. Saya mau bertanya saat ini saya mentruasinya terlambat dri bulan juli sampai september ini belum menstruasi terakhir kali menstruasi di bulan juni dok. Saya belum menikah.Sebaiknya kalau saya mau periksa dan konsuktasi ke dr spesialis apa ya dok? Spesialis kandungan atau ke spesialis penyakit dalam?"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP,

Terlambat haid dari bulan juli atau sudah 3 bulan adalah kondisi yang disebut dengan amenorea. Penyebab amenorea sendiri bisa beragam, bisa terjadi karena gangguan hormonal, bisa karena perubahan berat badan, bisa karena efek samping penggunaan obat tertentu yang mengganggu siklus menstruasi, bisa karena masalah kesehatan seperti gangguan tiroid, bisa juga karena masalah psikologis, bisa karena gangguan organ reproduksi juga seperti misalnya kista, tumor jinak ataupun PCOS.

Apabila mengalami terlambat menstruasi sampai 90 hari, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan hormonal dan juga pemeriksaan USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Upayakan untuk menjaga gaya hidup dan kesehariannya agar bisa melancarkan haid, seperti:

  • Menjaga jam tidur 7-8 jam perhari
  • Kelola stres dengan baik
  • Olahraga dengan rutin dan teratur
  • Perbaiki asupan dan pola makan
  • Hindari aktivitas berat
  • Menjaga berat badan ideal, hindari diet ketat yang sampai turun berat badan drastis
  • Konsumsi cuka apel, vitamin D, nanas dan jahe

Jika ada riwayat berhubungan seksual, bisa juga coba melakukan tes kehamilan dengan menggunakan testpack, tetapi jika tidak ada riwayat hubungan seksual maka sebaiknya periksakan diri pada dokter ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan berwarna coklat yang tidak berbau, tidak perlu dikhawatirkan

Ini Sebabnya Keputihan Berwarna Coklat Bisa Muncul

Keputihan berwarna coklat bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi normal hingga penyakit tertentu. Keputihan ini bisa muncul sebagai tanda ovulasi, keguguran, hingga perimenopause.