Apakah sperma yang menempel di celana dalam sebabkan hamil?

NK Info Penanya: NK, Pria, 22 Tahun
Dok mau tanya. Jika ada sperma di bak mandi/ di pegangan gayung di pakai wanita untuk membersihkan vagina itu bisa hamil ga dok? Lalu satu lg dok, CD yg terjatuh di lantai kamar mandi yang mungkin ga tau itu ada sperma/ tdk jika di pakai lg itu CD apakah bisa hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NK.

 

Kehamilan merupakan proses alamiah dan pada umumnya terjadi di usia reproduktif. Kehamilan dimulai dengan proses adanya pertemuan antara sperma dan sel telur. Yang kemudian sel telur dibuahi oleh sperma dan menjadi bakal janin. Setelah itu bakal janin akan menempel dan terus berkembang pada dinding rahim hingga adanya proses kelahiran.

Terkait dengan pertanyaan Anda, pada dasarnya kehamilan akan terjadi jika ada pertemuan antara sperma dan sel telur yang matang. Jika sperma berada di udara bebas sperma tidak akan bertahan hidup. Sehingga kesimpulannya hal yang Anda lakukan tidak akan menyebab terjadinya kehamilan.

Oleh sebab itu Anda tidak harus mengkhawatirkannya, untuk kemungkinan jika haid Anda setelah kejadian ini jadi terlambat datang penyebabnya bisa karena hal lain. Maka segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Untuk menjaga kesehatan organ kandungan Anda sebaiknya lakukan hal dibawah ini:

  1. Olahraga yang rutin setiap hari bisa dengan yoga atau senam.
  2. Makan sehat dan bergizi hindari konsumsi makanan siap saji.
  3. Banyak minum air putih.
  4. Relaksasikan pikiran agar tidak stres sehingga haid menjadi lancar.
  5. Konsumsi banyak buah dan sayur.
  6. Tidur yang cukup minimal 7-8 jam perhari di malam hari ya.
  7. Rajin mengganti celana dalam jangan sampai vagina lembab.
  8. Hindari makan makanan setengah matang.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh JJ
29 Aug 2020, 09:14
Selamat pagi dok saya ingin bertanya , jika sperma menempel di celana dalam apakah bisa myebabkan hamil? Tapi kmi tdak berhbngan intim
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Aug 2020, 08:56
Selamat pagi JJ,
Jika sama-sama masih mengenakan pakaian kehamilan tidak bisa terjadi. Tapi jika tidak berhubungan intim hanya melakukan petting dan ada ejakulasi disekitar vagina atau melakukan petting tanpa busana bisa mungkin menyebabkan hamil ya. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu mitos kehamilan yang tidak dapat dipercaya adalah makan nanas dapat mengakibatkan keguguran

Bumil Jangan Percaya dengan 6 Mitos Kehamilan Ini

Ada banyak mitos kehamilan yang tidak seharusnya dipercaya dan justru bagus jika dilakukan dengan benar, seperti mengonsumsi nanas secukupnya dan melakukan hubungan seksual saat hamil.