Menstruasi tak teratur setelah menggunakan KB suntik kenapa ya?

SB Info Penanya: SB, Wanita, 1 Tahun
Siang dok...saya mau tanya dok,,saya pengguna KB suntik bulanan selama hampir 5th..terus saya berhenti karna ingin hamil lagi dok..tapi semenjak berhenti KB dok saya mengalami menstruasi yang tak teratur malah hampir 1bln keluar darah terus stiap hrinya tapi gak banyak...sekiranya hal ini aman gak dok???terus hal ini d pengaruhi karna apa dok???terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SB.

 

Menstruasi merupakan proses alamiah bulanan yang akan dialami oleh setiap wanita usia reproduktif. Siklus menstruasi pada umumnya terjadi pada 21-35 hari. Dengan periode menstruasi terjadi 3-7 hari.

KB suntik merupakan KB yang berisi hormon yang digunakan untuk mencegah kehamilan. KB suntik memiliki tingkat efektivitas 99% dalam mencegah kehamilan. Namun efek samping dari KB suntik salah satunya dapat mengganggu siklus menstruasi.

Beberapa efek samping KB suntik yang perlu diketahui:

  1. Perdarahan diluar siklus menstruasi.
  2. Menstruasi tidak teratur.
  3. Sering pusing.
  4. Berat badan mudah naik.
  5. Payudara nyeri.
  6. Kram perut.
  7. Mudah berjerawat.
  8. Mood lebih sensitif.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami, menstruasi Anda tidak teratur dapat disebabkan oleh efek samping penggunaan kb, kondisi yang terlalu stres, penyakit pada kandungan seperti pcos, serta berat badan tidak ideal. Untuk memastikan sebaiknya konsultasikan kepada dokter kandungan ya. Perihal kesuburan yang sulit kembali juga merupakan efek jangka panjang penggunaan KB suntik, dibutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan sampai 1 tahun untuk dapat mengembalikan kesuburan ya.

Upaya yang dapat dilakukan saat ini adalah sebagai berikut:

  • Olahraga teratur minimal 30 menit setiap hari.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Minum air putih minimal 2-3 liter perhari.
  • Makan banyak sayur dan buah.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.