Menstruasi tidak berhenti selama 30 hari, apa penyebabnya?

AD Info Penanya: AD, Pria, 37 Tahun
Dok istri saya habis melakukan operasi secar...dan setelah itu mens selama 30 hari lbh tdk berhenti2 kenapa ya dok...apakah bermasalah....dan bahayakah...saya sarankan untuk periksa ke dokter kandungan..sebelumnya saya mau bertanya sedikit ke dokter..terimakasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AD,

Menstruasi berlebih adalah kondisi menstruasi yang tidak normal, dimana jika menstruasi terjadi lebih dari 7 hari atau perdarahan lebih banyak dari normal disebut dengan istilah menorrhagia.

Menorrhagia ditandai juga dengan wanita lebih sering mengganti pembalut karena derasnya darah yang keluar. 

Beberapa penyebab menorrhagia sendiri diantaranya:

  • Gangguan organ reproduksi
  • Gangguan hormonal
  • Adanya jaringan abnormal seperti tumor jinak
  • Adanya polip di rahim
  • Adanya endometriosis
  • Efek samping kontrasepsi
  • Gangguan darah
  • Penyebab lainnnya

Jadi jika saat ini masih terjadi perdarahan menstruasi dan banyak, maka perlu diperiksaan. Upayakan berikan lebih banyak minum air putih dan suplemen seperti penambah darah, vitamin B12, asam folat dan zat besi untuk mencegah anemia akibat perdarahan yang terjadi.

Nantinya akan dilakukan serangkaian pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, pemeriksaan hormonal, USG, ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. 

Penanganan akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya dan diberikan penghenti perdarahan baik yang sifatnya hormonal ataupun non hormonal. Karena kondusi saat ini kurang kondusif untuk ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, ada baiknya menunda dahulu dalam 2 minggu dan jika ke fasilitas kesehatan gunakan masker dan lebih sering mencuci tangan dengan air dan sabun. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.