Menstruasi Setelah Menjalani Persalinan

SM Info Penanya: SM, Wanita, 2019 Tahun
Dok..saya baru lahiran secar..anak saya usia 2 bulan..sya KB jarum 1 bulan sx..pi kok belum halangan y dok...bulan semlm saya halangan tgl 13..bulan ini belum dtg bulan..saya takut dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, SM

Setelah melahirkan siklus menstruasi akan berubah, ada yang semakin banyak dan nyeri, ada juga yang semakin enak tanpa keluhan. Pada bulan-bulan awal setelah melahirkan, haid biasanya belum teratur dan akan kembali dengan berjalannya waktu. Pada ibu yang memberikan ASI akan mengalami masa tanpa menstruasi lebih lama dari ibu yang tidak menyusui. 

Melahirkan adalah ujian yang besar untuk tubuh wanita, dan memerlukan waktu untuk memulihkan tubuhnya. Tidak ada waktu yang standar dimana haid kembali normal setelah melahirkan. Beberapa alasannya karena :

- perubahan rahim ke ukuran semula

- perubahan kadar hormon 

- menyusui juga mempengaruhi kadar hormon.

Setelah melahirkan ada darah yang keluar, bisa berwarna merah gelap dan penuh bekuan darah. Ini disebut Lochia, setelah beberapa minggu akan berkurang dan berwarna semakin jernih. Kemudian perut akan mengalami kram-kram karena rahim sedang kontraksi ke ukuran semula. Lochia ini bukan darah menstruasi dan makin lama warnanya semakin cerah, berbeda dengan menstruasi yang makin lama warnanya makin gelap.

Pada wanita yang menyusui bisa berbulan-bulan sampai dengan menstruasi kembali karena hormon dari menyusui mencegah ovulasi wanita dan siklus haidnya. Walaupun haid belum teratur namun anda masih bisa hamil bahkan ada yang 3 minggu setelah melahirkan. Sehingga harus menggunakan salah satu metode kontrasepsi yang ada (pil, injeksi, kondom, IUD). Metode KB dengan hormon tidak memberikan efek yang signifikan terhadap produksi ASI.

Tanda-tanda bahaya diantaranya :- perdarahan berat (>1 pembalut) tiap jamnya selama 2 jam - perdarahan disertai demam- kram / mules yang hebat Sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan bila ada keluhan tersebut atau keraguan dalam hal apapun. Salam Sehat,  dr. Andre Zaini
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.