Menstruasi setelah berhubungan apa bisa hamil?

HA Info Penanya: HA, Wanita, 23 Tahun
tgl 6 kemarin sy dan pasangan melakukan hubungan tetapi tidak sampai ejakulasi didalam atau diluar, seminggu setelahnya sy menstruasi selama 6 hari, apakah kemungkinan hamil masih ada?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, HA.

 

Kehamilan akan terjadi jika ada proses pembuahan (konsepsi), hal ini ditandai dengan proses bertemunya sel telur yang matang (ovum) wanita dengan sperma pria. Sperma pada pria jumlahnya mencapai 40 juta, namun hanya 1 yang dapat membuahi sel telur.

Ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan, seorang pria akan mencapai orgasme dan terjadilah pelepasan air mani, hal ini dikenal dengan istilah ejakulasi. Ejakulasi ini dapat mendorong cairan yang mengandung jutaan sperma tersebut masuk ke liang vagina menuju ke rahim wanita. Kekuatan dorongan yang dihasilkan agar dapat mencapai sel telur rata-rata sekitar 10ml/jam dan masih jauh perjalanan bagi sperma untuk mencapai sel telur.

Terkait dengan pertanyaan Anda, pada dasarnya apabila ejakulasi dilakukan diluar, bisa saja memang menurunkan kemungkinan untuk adanya pertemuan antara sperma dan sel telur, namun sesungguhnya hal ini belum dapat dipastikan dikarenakan ada juga cairan yang disebut cairan pra-ejakulasi yang dapat mengandung sperma juga.

Terkadang Anda dan pasangan tidak menyadari bahwa ternyata cairan tersebut sudah masuk atau belum ke dalam saluran vagina. Kemudian mencabut penis dari vagina sebelum terjadinya ejakulasi tidak dapat mencegah cairan pra-ejakulasi masuk sehingga dapat juga menyebabkan kehamilan. Apabila Anda sudah mengalami haid pasca berhubungan intim sudah tidak dimungkinkan Anda untuk hamil.

Jika Anda menginginkan kehamilan sebaiknya Anda berhubungan intim dengan pasangan di masa subur dan jika Anda belum menginginkan kehamilan sebaiknya Anda bisa menggunakan alat kontrasepsi seperti pil KB, KB suntik, IUD dan kondom. Jika masih memiliki pertanyaan lebih lanjut sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ.

Salam sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
03 May 2020, 10:38
Dok saya mau nanya, Saya seks dengan istri, istri saya selesai haid tgl 14 , lalu saya seks tgl 24 , 3-4 hari kemudian tgl 27 istri saya Mens, Apakah bisa hamil Dok, Tapi saya 2kali ejakulasi di luar vagina dok? Dan sudah 1minggu istri saya mens, apa bisa hamil dok, tidak ya???? Makasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
03 May 2020, 18:54
Hi, AR.
Tidak akan terjadi kehamilan karena istri Anda sudah 2x mens sejak terakhir kali Anda melakukan hubungan badan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di bagian kantung pelir

Varises di Testis, Apakah Ada Obat Varikokel?

Mirip dengan varises, varikokel adalah pembengkakan pembuluh darah pada skrotum yang menahan testis. Pada beberapa pria varikokel dapat menimbulkan rasa nyeri dan masalah pada kesuburan. Faktanya, tidak ada obat varikokel dan penanganan yang dilakukan umumnya adalah bedah. Kenali berbagai jenis pembedahan untuk mengatasinya.