TIdak haid sebulan, apakah hamil ?

ES Info Penanya: ES, Wanita, 33 Tahun
Setelah berhubungan intim bulan Juni dan bulan Juli haid normal tapi pada bulan Agustus tidak haid sebulan apakah hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ES.

Tidak haid merupakan keluhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Umumnya faktro tersebut berhubungan dengan keadaan hormon pengatur siklus menstruasi yang keseimbangannya terganggu. Adapula kondisi medis dan penyakit tertentu yang dapat memberikan gejala gangguan haid.

Beberapa faktor dan kondisi medis tersebut antara lainnya ialah :

  • gizi berlebih atau obesitas dan sebaliknya gizi kurang
  • kurang berolah raga atau terlalu berlebihan seperti atlet yang sedang menjalani program
  • pola makan tidak sehat dan gangguan tertentu seperti anorexia, bulimia
  • kelelahan
  • stres, kecemasan dan kondisi emosi tidak stabil lainnya
  • konsumsi dan penggunaan obat-obatan tertentu
  • kondisi medis tertentu seperti kehamilan
  • penyakit tertentu seperti sindroma polikistik ovarium (PCOS), penyakit kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keadaan tidak haid selama satu bulan pada Anda, untuk memastikan disebabkan oleh kehamilan atau bukan dapat mulai Anda deteksi dengan melakukan pemeriksaan yang paling sederhana yaitu test pack. Setelah adanya keterlambatan haid minimal 10 hari, umumnya test pack akan menunjukan hasil yang akurat. Dan akan semakin akurat pada minggu-minggu selanjutnya karena kadar hormon kehamilan akan semakin meningkat dan terdeteksi oleh test pack. Untuk pemeriksaan yang lebih akurat Anda dapat melakukan tes kehamilan dengan sampel darah di laboratorium dan dilanjutkan dengan pemeriksaan USG oleh dokter Spesialis Kandungan

Jika test pack negatif mungkin keadaan tidak haid Anda disebabkan faktor lain seperti yang dipaparkan diatas. Anda dapat menggunakan cara alami terlebih dahulu untuk menngatasinya yakni dengan berolah raga teratur, konsumsi air rebusan jahe dan bubuk kayu manis.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Persiapan melahirkan saat pandemi virus corona adalah melakukan proteksi diri

Hamil dan Melahirkan Saat Pandemi Virus Corona, Ini Persiapan yang Harus Dilakukan

Kehamilan dan persiapan melahirkan saat pandemi virus corona (Covid-19) memang dapat menambah kecemasan sang ibu. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh ibu hamil saat harus memeriksakan kehamilan dan melahirkan di tengah pandemi Covid-19