15 May 2020, 23:09Kandungan

Bagaimana cara menentukan masa subur?

PP
Info Penanya: PP0
Dok, saya mau tanya, kemarin saya berhubungan dengan isteri saya, pada tanggal 29. Kemudian 3/4 hari setelahnya isteri saya menstruasi. Apakah ini juga masih termasuk masa subur? Dan juga bisa hamil, Dok?
12241 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi PP,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Mengetahui masa subur wanita dapat mempercepat terjadinya kehamilan. Masa subur wanita ini terjadi di setiap bulan. Jika sel telur yang dilepaskan saat masa subur wanita ini berhasil dibuahi oleh sperma, maka wanita akan berpotensi hamil. Tetapi jika tidak dibuahi oleh sperma, sel telur akan mati dan menstruasi pun terjadi.Masa subur wanita bergantung pada siklus menstruasi pada masing-masing wanita. Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari. Namun, rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari.Cara menghitung masa subur wanita, secara umum terjadi sekitar12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi selanjutnya di mulai. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung selama 28 hari, masa subur wanita mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

Tanda-tanda seorang wanita sedang mengalami masa subur :

  • Suhu tubuh sedikit naik
  • Perubagan pada lendir serviks yang cenderung lebih banyak
  • Nyeri pada payudara
  • Kram atau nyeri pada daerah perut atau panggul
Berdasarkan keterangan Anda tidak bisa di pastikan istri Anda sedang mengalami mengalami masa subur atau tidak. Namun jika pada bulan berikutnya istri Anda terlambat menstruasi sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
siklus haidmenstruasimasa subur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil