Bagaimana cara menentukan masa subur?

PP Info Penanya: PP
Dok, saya mau tanya, kemarin saya berhubungan dengan isteri saya, pada tanggal 29. Kemudian 3/4 hari setelahnya isteri saya menstruasi. Apakah ini juga masih termasuk masa subur? Dan juga bisa hamil, Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Mengetahui masa subur wanita dapat mempercepat terjadinya kehamilan. Masa subur wanita ini terjadi di setiap bulan. Jika sel telur yang dilepaskan saat masa subur wanita ini berhasil dibuahi oleh sperma, maka wanita akan berpotensi hamil. Tetapi jika tidak dibuahi oleh sperma, sel telur akan mati dan menstruasi pun terjadi.

Masa subur wanita bergantung pada siklus menstruasi pada masing-masing wanita. Normalnya, siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari. Namun, rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari.

Cara menghitung masa subur wanita, secara umum terjadi sekitar12 sampai 14 hari sebelum periode menstruasi selanjutnya di mulai. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung selama 28 hari, masa subur wanita mulai terjadi pada hari ke 10 sampai ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

Tanda-tanda seorang wanita sedang mengalami masa subur :

  • Suhu tubuh sedikit naik
  • Perubagan pada lendir serviks yang cenderung lebih banyak
  • Nyeri pada payudara
  • Kram atau nyeri pada daerah perut atau panggul

Berdasarkan keterangan Anda tidak bisa di pastikan istri Anda sedang mengalami mengalami masa subur atau tidak. Namun jika pada bulan berikutnya istri Anda terlambat menstruasi sebaiknya lakukan testpack untuk memastikannya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.