Menstruasi setahun sekali, apakah hal yang wajar?

MR Info Penanya: MR, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dok. Saya berumur 26tahun dan mengalami menstruasi yang hanya terjadi satu kali dalam setahun dan itu sudah terjadi sekitar 4 tahun belakangan ini. Saya tidak mengalami gejala sakit perut atau penyakit lainnya tetapi ini sangat meresahkan. Apakah ini berbahaya dok ?Apakah saya perlu melakukan CT-Scan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MR

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Amenorea adalah suatu kondisi dimana seorang wanita tidak mengalami menstruasi selama 90 hari  atau 3 bulan berturut-turut. Berdasarkan peyebabnya, Amenorea ini terdiri dari dari 2 macam yaitu amenorea primer (seorang anak yang sudah lebih dari 15 atau 16 tahun tetapi belum pernah mendapatkan siklus menstruasi) dan amenorea sekunder (terjadi pada wanita yg sudah pernah menstruasi tiba-tiba bernhenti lebih dari 3 bulan). Selain karena kehamilan, terdapat beberapa kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya amenorea sekunder ini.

Adapun penyebab dari amenorea skunder ini adalah:

  • Efeksamping dari penggunaan kontrasepsi, terutama kontrasepsi hormonal
  • Efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu
  • Obesitas atau berat badan kurang
  • Perubahan berat badan yang mendadal
  • Stres
  • Masalah hormonal
  • Masalah pada organ reproduksi wanita

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, usahakan Anda utk menghindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan haria. Selain itu lakukan oalhraga ringan agakr badan tetap sehat.

Jika keluhan dirasa tidak ada perubahan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dan USG. Sehingga Anda mendapatkan tatalaksana dan terapi yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.