17 Nov 2021, 15:39Kandungan

Belum haid pasca lepas KB, kehamilan ?

TP
Info Penanya: TP0
Sore dok saya mau tanya dok . Kan saya baru lepas kb selama 5 bulan . Nah selama 3 bulan saya gak haid tapi pas ke 4 bulanya saya mens di tanggal 15 okt - 17okt hanya 2 hari nah skrg sdh tgl 17nov saya belum haid saya bisa hamil atau tidak yah dok . Atau memang masih pengaruh kb suntik ? Trims dok
69 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, T.Haid yang tidak teratur dapat membuat wanita ragu terutama wanita yang sudah memiliki suami atau wanita memang melakukan hubungan seksual sebelumnya, tidak pakai KB, lupa minum pil KB, kondom yang tanpa sengaja robek atau suntik KB terlewat.

Haid tidak teratur pasca lepas KB, kehamilan ?

Anda baru lepas KB selama 5 bulan. Lalu Anda tidak haid selama 3 bulan. Pada bulan ke 4, Anda haid selama 2 hari tanggal 15 sampai 17 Oktober. Saat ini sudah tanggal 17 November, Anda belum haid.Keluhan haid tidak teratur pasca lepas KB, belum haid yang Anda alami saat ini bisa karena kehamilan jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual saat ovulasi terjadi. Jika dalam 1 hingga 2 minggu ke depan, Anda tetap tidak haid, segera lakukan test pack ya.Namun selain karena kehamilan, belum haid bisa pula karena hormonal pasca Anda lepas KB. Cara agar haid Anda kembali lancar, kembali teratur setiap bulan, lakukan tips berikut :
  • Jaga berat badan.
  • Jaga mood dengan mengelola stress dan masalah. 
  • Jalani hidup sehat.
  • Lakukan olahraga.
  • Jaga asupan makan.
  • Makan bergizi.
  • Minum yang cukup.
  • Minum asam folat.
Periksa ke dokter spesialis kandungan jika tetap tidak haid ya.Baca forum terkait telat haid :Flek dan telat haid setelah berhubungan, apakah hamil ?Penyebab telat haid namun saat di test pack masih negatif, apakah hamil ?Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
siklus haidkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil