14 Nov 2021, 21:06Kandungan

Kenapa menstruasi belum lancar setelah lepas IUD?

SF
Info Penanya: SF0
Halo dok izin bertanya,sebelumnya saya KB iud dan tanggal 26 Oktober kemarin saya lepas KB iud sy,bulan Oktober sy haid dr tgl 16-20 Oktober siklus sy 28 Hari,tp sy sudah terlambat 2 hari,apa ini bisa jadi ciri kehamilan?atau penyesuaian hormon yg sebelumnya iud?
64 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, STerima kasih atas pertanyaan AndaIUD merupakan salah satu jenis alat kontraspesi untuk mendukung program KB. Terdapat dua jenis IUD yaitu IUD hormonal dan IUD non hormonal. Setelah lepas menggunakan KB IUD, biasanya seorang wanita tidak perlu menunggiu terlalu lama jika berencana hamil kembali, tentunya setelah dipastikan kembali subur yang ditandai dengan siklus haid kembali lacar dan teratur.

Menstruasi belum lancar setelah lepas IUD

Idealnya siklus menstruasi wanita adalah 21 hari - 35 hari dengan lamanya perdarhaan mensrtausi terjadi normal selama 3 - 7 hari. Setelah berhenti menggunakan IUD, menstruasi belum kembali lancar bsia karena beberapa faktor, selain karena pengaruh hormonal, tubuh juga perlu penyesuaian.

Selain itu, penyebab lain menstruasi tidak lancar adalah:

  • Stres, cemas
  • Kelelahan
  • Berat badan tidak ideal
  • Gangguan hormonal
  • Penyakit pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan Anda telah disampaikan di atas. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk tatalaksana lebih lanjut. Apabila Anda curiga terjadi kehamilan silakan lakukan tes kehamilan. Anda juga bisa membaca forum kami yang lain terkait dengan menstruasi belum lancar setelah lepas IUD di bawah ini:Telat Haid setelah lepas IUD apa sebabnya?Lepas IUD haid telat apa sebabnya?Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidmenstruasipenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil