27 Oct 2021, 21:24Kandungan

Darah menstruasi kecoklatan, apakah normal?

D
Info Penanya: D0
Hallo dok, saya mempunyai keluhan pada saat saya mens keluar darah nya berwarna coklat pekat dan sesudah masa mens , keluar kecoklatan sedikit seperti lendir apakah itu normal dok?
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, DTerima kasih atas pertanyaan AndaMenstruasi terjadi secara rutin pada wanita sejak masa pubernya sampai dengan mendekati masa menopausenya. Secara idealnya siklus menstruasi wanita adalah 21 hari sampai dengan 35 hari. Rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Lamanya menstruasi normal terjadi sekitar 3 hari sampai dengan 7 hari.

Bagaimana warna darah haid yang normal?

Darah menstruasi yang normal bisa berwarna merah, merah kecoklatan, atau bahkan kehitaman. Saat menstruasi dimulai dengan flek atau bercak, kemudian keluar darah cair kekentalan atau bahkan gumpalan. Kemudian kembali flek dan berakhirnya perdarahan menstruasi. Terjadinya menstruasi dipengaruhi peranan hormon tubuh dan kondisi kesehatan organ reproduksi wanita. Sehingga, faktor yang mempengaruhi hormon tubuh dan kesehatan reproduksi  wanita, bisa berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Sehigga menstruasi menjadi tidak teratur, tidak lancar atau bahkan keluar flek darah diluar siklus menstruasi.

Adapun di bawah ini kondisi yang bisa mempengaruhi siklus menstruasi adalah:

  • Stres, kecemasan
  • Kelelahan fisik
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Ketidakseimbangan hormon pada tubuh
  • PCOS
  • Penyakit lain pada organ reproduksi
  • Efek pemakaian KB
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda,darah mestruasi yang berwarna kecoklatan masih dalam kondisi normal, Selama tidak disertai dengan keluhan penyerta seperti nyeri eprut bawah, keputihan yang berbau dan lain sebagainya. Penyebab keluar flek darah diluar siklus menstruasi bsia terjadi karena pengaruh faktor yang disampaikan di atas. Saat ini Anda bisa emmantau kondisi Anda terlebih dahulu. Bila keadaan ini terjadi berulang dan atau disertai dengan keluhan penyerta sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan teredekat. Tetap konsumsi makanan bergizi, atasi stres, jaga berat badan tetap ideal, hindari kelelahan dan istirahat cukup.Anda juga bsia membaca beberapa forum kami terakit keluhan menstruasi di bawah ini:Darah haid berwarna coklat tua, apakah normal?Haid berwarna coklat dan keluar sedikit sedikitSemoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidmenstruasigangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil