17 Oct 2021, 22:14Kandungan

Apa penyebab keluar darah setelah melakukan hubungan intim ?

AN*
Info Penanya: AN*0
Selamat malam dok, saya ingin bertanya, jadwal haid saya maju sekitar 10 hari ( biasanya 19) lalu sya menstruasi tanggal 9 Oktober dan selesai di tanggal 14 Oktober, dan 1/2 hari setelahnya saya berhubungan intim, setelah melakukan hubungan intim, darah saya keluar lagi, dan besoknya tidak ada darah yg keluar sama sekali hingga setelah isya, setelah isya ( hari ini tanggal 17) darah saya keluar lagi dengan jumlah yg sangat sedikit berwarna merah muda, itu pertanda apa ya dok? Mohon penjelasannya
160 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, H.Menstruasi tidak teratur akan menyulitkan seorang wanita untuk merencanakan dan memprediksi kehamilan baik masa subur atau telat haid sebagai gejala awal hamil. Menstruasi tidak teratur berupa menstruasi yang maju atau mundur, dipengarui banyak faktor salah satunya gaya hidup tidak sehat.

Apa yang menyebabkan keluar darah setelah melakukan hubungan intim ?

Keluhan Anda dimana jadwal haid maju sekitar 10 hari (biasanya tanggal 19) lalu Anda menstruasi tanggal 9 Oktober dan selesai di tanggal 14 Oktober, dan 1/2 hari setelahnya Anda berhubungan intim.Setelah melakukan hubungan intim, darah keluar lagi, dan besoknya tidak ada darah yg keluar sama sekali hingga setelah isya. Setelah isya (tanggal 17), kembali keluar darah dalam jumlah yang sangat sedikit berwarna merah muda.Penyebab keluar darah setelah melakukan hubungan intim dan haid tidak teratur (haid maju) yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Gangguan hormonal karena KB, PCOS, kista ovarium, mioma uteri, tumor pituitari, stress, gaya hidup tidak sehat, BB tidak ideal, kurang istirahat.
  • Luka lecet pada vagina akibat hubungan intim.
  • Mentruasi yang masih berlangsung (sisa darah haid).
  • Radang panggul.
Mengenai keluhan Anda, agar haid teratur kembali, Anda sebaiknya menerapkan hidup yang lebih sehat dengan olahraga, menjaga berat badan, istirahat cukup, mengelola stress, makan makanan sehat.Anda juga harus menjaga kebersihan organ intim, lakukan foreplay sebelum berubungan, pilih posisi yang nyaman. Namun jika flek masih terus berlanjut terutama diikuti nyeri perut, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.Baca juga : Penyebab keluar flek coklat setelah berhubungan intimApakah penyebab dari siklus menstruasi tidak teratur?  
siklus haidgangguan menstruasiflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil