28 Sep 2021, 22:03Kandungan

Apakah haid tidak teratur tanda hamil?

MA
Info Penanya: MA0
Dok saya mau bertanya, saya haid biasanya tgl 20 dan bulan agustus kemarin saya telat haid dan baru haid di tgl 25 itupun sedikit keluar darah yang merah tidak seperti di awal haid biasanya yg darah coklat kehitaman tapi berlanjut besoknya seperti haid biasa selama 6hari, dan bulan september sekarang saya sudah telat haid lagi sampai sekarang. Ini gejala kehamilan atau bagaimana dok?
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, MTerima kasih atas pertanyaannya. Haid merupakan peluruhan dari sisa jaringan dinding rahim yang tidak terjadi pembuahan.  Sisa jaringan ini bercampur dengan lendir dan darah.  Haid normalnya berada di siklus 21-35 hari sekali dengan lama durasi haidnya itu 2-7 hari.  Haid normal itu bukan dilihat dari tanggal yang selalu sama namun dilihat dari jarak antar haid dan durasi yang berada dalam batas normal.  Jadi dihitung menggunakan siklus normal haid, maka perkiraaan siklus haid anda saat ini antara tanggal 15 -29 september.  Anda baru dikatakan telat haid jika besok belum muncul haid juga.  Jika setelah haid bulan kemarin ada aktivitas seksual, maka ada kemungkinan terjadinya kehamilan. Lakukan testpack saat tanggal 8 oktober belum juga haid agar hasil akurat.  

Tips agar haid normal dan lancar :

  • Jaga berat badan seimbang. 
  • Kurangi begadang dan pola tidur teratur. 
  • Kelola stres dan cemas. 
  • Banyak minum air putih. 
  • Pola makan sehat. 
  • Olahraga teratur setiap hari. 
Periksa ke dokter spesialis kandungan bila testpack hasil positif atau belum haid juga 3 bulan dari bulan agustus untuk pemeriksaan USG. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil