24 Jul 2021, 14:26Kandungan

Flek setelah suntik KB, berbahayakah?

RM
Info Penanya: RM0
selamat siang dok, dok saya umur 21 thn saya sdah menikah .saya skarang menjalani KB suntik yang 1 bulan di bulan juli tgl 2 saya suntik kb dan saya sudah menstruasi di seminggu sebelum suntik kb . dan tgl 8 juli saya mengeluarkan darah lagi sepertu mesntruasi dok sampai seminggu di akhir hari ke 7 sudah tidak mengeluarkan darah tpi hanya flek saya kira sudah selesai . lalu tgl 15 juli saya mengeluarkan darah lagi sampai tgl 23 juli ini sudah berhenti tetapi masih ada flek? bahaya atau tdk dok?
227 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang RM,Suntik adalah salah satu metode kontrasepsi yang cukup umum digunakan. Ada dua jenis suntik yang dibedakan berdasarkan jangka waktunya, yaitu 1 bulan dan 3 bulan. Suntik 1 bulan, seperti yang Anda gunakan, mengandung hormon estrogen dan progesteron sintetik. Dengan hormon tersebut, maka hormon alami tubuh akan berubah sehingga kehamilan dapat dicegah.Namun, ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena perubahan hormon alami tubuh. Berikut beberapa di antaranya:
  • flek di luar masa haid
  • nyeri payudara dan perut
  • berat badan meningkat
  • kulit menjadi berjerawat
  • emosi yang lebih sensitif
Mengenai kondisi Anda, kemungkinan flek yang Anda alami disebabkan karena suntik tersebut. Jika merasa tidak nyaman, coba ganti kontrasepsinya menjadi yang non-hormonal, misalnya kondom untuk jangka pendek atau IUD untuk jangka panjang ya. Atau, Anda juga dapat mengajak suami berkonsultasi kepada dokter kandungan guna menentukan metode kontrasepsi apa yang cocok. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil