15 Jul 2021, 18:49Kandungan

Menstruasi tidak teratur, kenapa?

KI
Info Penanya: KI0
Sya seorang istri, sdah mnikah sekitar 6 bln yng lalu, begini dok, sya dlm sbln ini mngalami mens 2 kali, ttapi dlm jngka wktu hnya 2 minggu lebih kurangnya, sblumnya sya mens normal sperti bulan2 sblumnya,Ttapi di mens yng ke dua di bulan yng sma, wrna darah mens saya berwarna merah kecoklatan,sperti mens ttapi dngan jmlah yng tdak banyak, bhkan terbilang sedikit dok, stelah selesai mens selisih bbrapa hri saya tespek ttapi hasilnya nihil, dan hri ini saya telat mens 3 hri dri sblumnyadok
70 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, KTerima kasih atas pertanyaan AndaMenstruasi secara normal terjadi dengan siklus 21 - 35 hari dan lamanya proses menstrausi ini secara normal terjadi 3 - 7 hari. Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi menstruasi, sehingga menstruasi bisa datang lebih cepat ataupun terlambat.

Adapun faktor penyebab menstruasi tidak teratur adalah:

  • Gangguan hormon tubuh
  • PCOS
  • Kelelahan fisik
  • Stres
  • Berat badan yang berubah drastis
  • Efek penggunaan KB
  • Kondisi kesehatan tertentu pada organ reproduksi wanita
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, penyebab menstruasi idak teratur bisa karena kondisi di atas. Sedangkan bila Anda curiga terjadi kehamilan, sebaiknya melakukan tes kehamilan ulang 7 hari kemudian untuk lebih memastikan. Periksa ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, hindari stres, dan jaga kebersihan organ intim.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil