28 Jun 2021, 12:57Kandungan

Menstruasi gelap dan bergumpal apa wajar?

IH
Info Penanya: IH0
Dok mau nanya, tanggal 16 Mei bulan kemarin saya haid, terus sampai sekarang kok saya belum haid juga ya, minggu lalu sekitar tanggal 20 juni 2021 saya ada keluar darah cuman 1 hari tapi hanya sedikit, pembalut saya sampai mau tembus, warna darahnya merah gelap terus menggumpal. Itu kenapa ya dok? Kira kira saya hamil apa tidak ya?
94 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam IH,Menstruasi wanita sering dianggap sebagai kesuburan wanita, dan hal tersebut memang benar. Siklus haid yang teratur tentu akan memudahkan menghitung masa subur sehingga dengan sendirinya kemungkinan untuk terjadinya kehamilan lebih besar. Namun bukan berarti jika wanita siklus haidnya tidak teratur menjadi mandul.

Penyebab terlambat haid:

  • Kelelahan.
  • Sedang banyak pikiran.
  • Perubahan berat badan.
  • Sedang diet menurunkan berat badan.
  • PCOS.
  • Tidak pernah berolahraga.
  • Sering bergadang.
Jika setelah terlambat haid Anda mengalami haid maka artinya haid Anda hanya tertunda saja. Perihal kenapa darahnya menjadi gelap maka wajar saja karena jika wanita terlambat haid maka darahnya di rahim akan teroksidasi dengan udara dan membuat warnanya menjadi lebih gelap.Yang perlu Anda lakukan adalah banyak minum air putih agar badan tidak lemas, minum suplemen zat besi, banyak makan sayur dan buah, jangan kelelahan. Jika perdarahan terjadi selama 1 minggu lebih dan banyak, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.Salam sehat,dr. Vina
haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil