27 Jun 2021, 22:53Kandungan

Menstruasi telat apa normal?

AP
Info Penanya: AP0
Hallo dok, saya remaja umur 22 tahun, pada awalnya mens saya teratur dok, dibulan mei 2021 saya dapat tanggal 13 dok, namun dibulan juni 2021 ini saya tidak dapat mens dok, apakah itu normal dok?, Terima kasih dok.
48 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang AP,Menstruasi memang idealnya berlangsung setiap 21-35 hari sekali, dan rata-rata wanita memiliki siklus haid sekitar 28-30 hari sekali sehingga bisa dianggap seharusnya wanita akan mengalami haid rutin setiap bulannya. Namun terkadang wajar saja jika siklus haid ini menjadi mundur karena memang banyak faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid wanita.

Penyebab haid mundur:

  • Kelelahan.
  • Sedang banyak pikiran atau beban pekerjaan.
  • Sering bergadang.
  • Sedang menurunkan berat badan dengan cara yang salah misal membatasi asupan yang masuk secara berlebihan sehingga tubuh kekurangan nutrisi.
  • Tidak pernah olahraga.
  • PCOS.
Jika siklus haid Anda baru mundur 1 kali saja, maka tidak perlu cemas berlebihan. Yang penting adalah tidak sedang dalam kondisi hamil. Namun jika Anda terlambat haid dan ada riwayat berhubungan seksual, maka sebaiknya Anda melakukan tes pack untuk memastikannya.Jika tidak hamil, maka perbaiki pola hidup dengan cara rutin berolahraga agar aliran darah lancar, banyak makan sayuran, minum air putih yang banyak, jangan stres dan tidak bergadang agar haid Anda kembali lancar. Jika dalam 3 bulan tetap tidak haid dan tidak hamil, maka lakukan USG ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidgangguan menstruasitest pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil