25 May 2021, 08:50Kandungan

Kenapa haid tidak teratur setelah minum pil KB?

MJ
Info Penanya: MJ0
Hallo dok, assalamualaikum saya mau tanya. Pada tanggal 5 hari Rabu adalah hari ke-10 saya haid keluar darah sedikit dan berhubungan dengan suami..lalu di pagi harinya berlanjut dan mengeluarkan spermanya diluar..dan minum pil levonorgestrel tahap 1 satu pil, lalu malamnya saya minum lagi pilnya,,setelah itu 6 hari saya suci saya keluar darah deras lagi disertai nyeri yang lumayan sakit selama 6/7 hari. Dan pada tanggal 22 Mei seharusnya jadwal saya haid..tapi sudah terlambat 3 hari..
55 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, MJTerima kasih atas pertanyaannya.Pil KB darurat adalah kontrasepsi yang digunakan hanya pada saat tertentu.  Bila dikonsumsi sesuai aturan, kerja pil KB ini dapat mencapai 98% dalam mencegah kehamilan.  Selain itu penggunaan pil KB tentu juga menimbulkan suatu efek samping contohnya gangguan siklus haid, perdarahaan di luar siklus serta nyeri hebat saatWanita dikatakan telat haid ketika lebih dari 35 hari dihitung dari awal haid sebelumnya.  Kondisi ini sering dikaitkan dengan kehamilan walaupun ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan telat haid. 

Gangguan siklus haid dapat disebabkan oleh :

  • Kehamilan dan menyusui.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Stres dan cemas berlebihan.
  • Kelelahan dan kebiasaan begadang.
  • Kelainan di rahim.
  • Usia puber atau menjelang menopause.
  • Obesitas atau badan terlalu kurus.
Jadi berdasarkan penjabaran anda, tanggal 25 april anda haid, hubungan di tanggal 5 atau 6 lalu keluar haid lagi di tanggal 11/12 mei maka kemungkinan terjadi gangguan siklus haid karena karena normalnya bulan ini anda seharusnya haid di antara tanggal 16 mei – 30 mei.  Kondisi ini dapat terjadi karena efek penggunaan pil KB darurat ataupun faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya.  Untuk itu anda dapat lakukan pemeriksaan bersama suami ke dokter spesialis kandungan guna memastikan apakah ada gangguan di rahim yang membuat siklus haid tidak teratur atau karena efek samping KB. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilanpenggunaan kbgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil