19 May 2021, 09:34Kandungan

Terkait menstruasi dan berhubungan intim

A
Info Penanya: A0
Hallo dok mau tanya. Jadi saya menstruasi dari tanggal 1-7 mei. Namun saya melakukan hubungan seksual tanpa kontrasepsi dan keluar di dalam pada hari ke-2. Menstruasi tetap lancar sampai tanggal 7 itu. Tanggal 17-18 saya keputihan dan diselingi lendir merah seperti darah haid tapi dikit. Di tanggal 19 saat saya bangun tidur, saya keluar haid lumayan. 1. Apakah itu darah sisa atau penghabisan haid? 2. Apakah berhubungan tanpa kontrasepsi di hari ke2 berpotensi hamil? Tp haid saya lancar.
399 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam A,Apabila Anda mengalami menstruasi selama tujuh hari, dan berhubungan pada hari kedua, maka seharusnya kemungkinan hamil sangat kecil. Pasalnya, sperma hanya mampu bertahan maksimal lima hari di dalam rahim. Seharusnya, seluruh sperma yang masuk akan mati pada hari ketujuh, atau hari ketika menstruasi Anda selesai. Namun, perlu diketahui bahwa kecil bukan berarti nol. Pada beberapa orang dengan angka kejadian yang sangat sedikit, masa subur akan dimulai tepat setelah saat menstruasi selesai, sehingga memungkinkan untuk menjadi pembuahan. Apabila ingin memastikan, coba lakukan testpack ketika haid Anda yang selanjutnya mengalami keterlambatan.Uraian di atas menjawab pertanyaan kedua Anda, ya. Sedangkan untuk pertanyaan pertama Anda, tidak bisa ditentukan apa penyebab pasti perdarahan selama tiga hari tersebut hanya dari kata-kata saja. Namun, berikut beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi penyebabnya:
  • haid yang bergeser karena ketidakseimbangan hormon, sehingga jaraknya hanya 17 hari
  • adanya infeksi pada vagina karena melakukan hubungan pada saat menstruasi
  • adanya penyakit rahim tertentu, seperti mioma uteri
Untuk memastikan penyebabnya, silakan melakukan konsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kandungan. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG untuk mengetahui apa penyebab pastinya, dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
sekstes kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil